TV 10, salah satu stasiun televisi lokal di Surakarta, menjadi favorit masyarakat setempat. Berbagai program TV 10 menjadi bagian masyarakat Surakarta untuk mendapatkan informasi ter up to date dan informatif yang mudah diakses dan dipahami masyarakat. Salah satu program rutin TV 10 adalah bincang-bincang psikologi dengan narasumber psikolog handal. Pada kegiatan bincang-bincang psikolog ini, TV 10 mengadakan road show ke sekolah-sekolah dan memilih SMA Islam Diponegoro Surakarta menjadi salah satu sekolah yang dikunjungi.

Rabu, 9 Oktober 2024, pukul 10 pagi, seluruh anggota sekolah, mulai dari guru dan karyawan serta siswa-siswi SMA Islam Diponegoro Surakarta mengikuti kegiatan talkshow bersama TV 10 ini di aula Man Jadda Wa Jadda, gedung putri SMA Islam Diponegoro Surakarta. Tema yang diusung adalah tentang kesehatan mental dan mengususng judul ‘Mengatasi Mental Health Gen Z di Era Digital.” Pembicara pada kegiatan ini adalah salah satu dosen psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta, yaitu bapak Setiyo Purwanto, S.Psi., M.Psi. Pembawa acara pada liputan ini adalah ibu Karla yang memandu kegiatan talk show ini dengan menyenangkan.

Proses shooting dilakukan dengan profesional sehingga siswa-siswi SMA Islam Diponegoro Surakarta dapat belajar proses rekaman video untuk siaran TV. Acara dibagi menjadi 4 segmen. Segmen 1 dan 2 adalah penyampaian materi dari narasumber, dan segmen 3 dan 4 adalah untuk tanya jawab. Di sesi 1 dan 2, narasumber talkshow ini menyampaikan betapa generasi Z ini sangat terpapar teknologi yang membuat mereka rentan dengan rasa galau dan kebingungan dalam melihat dunia karena yang berada di sosial media yang mereka lihat setiap hari juga belum tentu benar. Sosial media menjadi validasi kebahagiaan dan pencapaian seseorang sehingga banyak generasi Z yang merasa pencapaian dirinya sangat rendah yang menyebabkan ketidakpercayaan diri mereka. Hal ini kadang dapat mengganggu kesehatan mental mereka. Penting sekali komunikasi dengan orang tu dan guru untuk membantu generasi Z ini dalam menganggulangi masalah ini.

Di sesi 3 dan 4, dibuka sesi tanya jawab. Muhammad Sofwan Amir dari kelas XII bertanya pada narasumber tentang bagaimana menempatkan ekspektasi dengan tepat sehingga tidak kecewa bila tidak tercapai. Selain itu, Khadijah Huwaiydah dari kelas XII juga bertanya bagaimana menghadapi situasi bila seseorang ingin curhat kepada kita di saat kita juga sedang tidak baik-baik saja. Kemudian, Azzahra Qhoirunnisa dari kelas X juga bertanya tentang bagaimana Gen Z yang sering burn out sehingga dianggap generasi yang lemah mengatasi masalah tersebut. Narasumber talkshow hari ini, yaitu bapak Setiyo Purwanto, S.Psi., M.Psi menjawab semua pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan bahasa yang mudah dipahami dan mengena bagi siswa-siswi SMA Islam Diponegoro Surakarta, yang notabene adalah gen Z.

Kemudian, acara talkshow diakhiri oleh pembawa acara, ibu Karla, dan mengatakan informasi penanyangan kegiatan ini akan disampaikan dikemudian hari. Terakhir, SMA Islam Diponegoro Surakarta memberikan kenang-kenangan kepada TV 10 atas kunjungannya dan berharap kerja sama ini dapat terus terjalin dengan baik.

SMA Islam Diponegoro Surakarta selalu terbuka dan sangat senang menimba ilmu dan pengalaman dari berbagai pihak sehingga menambah wawasan dan pengalaman berharga.

Dokumentasi: https://drive.google.com/drive/folders/17HI5mgfkNyLj7qepu_SjSIhCWqoF0A-B

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Explore More

KUNJUNGAN LAPANGAN FASILITATOR SEKOLAH PENGGERAK KE SMA ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA

0 Comments 0 tags

Selasa, 3 Oktober 2023 SMA Islam Diponegoro Surakarta kedatangan tamu fasilitator sekolah penggerak dari Balai Besar Guru Penggerak Provinsi Jawa Tengah. Fasilitator sekolah penggerak yang hadir pada kesempatan ini adalah

DIFERENSIASI LITERASI DI SMA ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA

0 Comments 0 tags

Literasi menjadi titik penting agar setiap individu semakin berpengatuhan dan tidak ketinggalan zaman. SMA Islam Diponegoro Surakarta sebagai salah satu sekolah pegiat literasi juga sangat peduli akan hal ini tentunya.

OSIS SMA ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA BERBAGI TAKJIL

0 Comments 0 tags

Selasa, 2 April 2024 OSIS SMA Islam Diponegoro Surakarta ingin mengisi kegiatan Ramadhan dengan melakukan hal yang bermanfaat. Mereka menginisiasi untuk membagikan takjil kepada lingkungan sekitar. Ada sekitar 30 nasi