Pada tanggal 17 Agustus 20243 pukul 7 pagi, seluruh anggota SMP dan SMA Islam Diponegoro Surakarta telah memadati lapangan kampus 1 Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro Surakarta untuk mengikuti upacara bendera memperingati HUT RI ke-79.

Upacara bendera dimulai pada pukul 07.00 yang ditandai dengan pembukaan oleh MC yaitu Fatimah Amiroh dari kelas XII. Para pemimpin pleton yang terdiri dari beberapa siswa-siswi SMP Islam Diponegroro Surakarta menyiapkan pasukannya. Komandan upacara kali ini adalah Maulana Abdullah Thufail siswa kelas XI SMA Islam Diponegoro Surakarta sedangkan pemimpin upacaranya adalah kepala sekolah SMP Islam Diponegoro Surakarta, bapak Namara Dirgantara, S.Pd.,M.M.. Komandan upacara melaporkan kepada pemimpin upacara bahwa upacara telah siap dilaksankan. Pemimpin upacara menginstruksikan untuk memulai upacara kali ini.

Tim pengibar bendera, yang sudah berlatih selama beberapa hari ini dibawah pelatih Ibu Nur Wahyuni,S.Pd, memasuki lapangan upacara. Mereka terdiri dari siswa-siswa dari kelas X dan XI SMA Islam Diponegoro Surakarta putra dan para pengibar bendera yang terdiri dari 3 siswa kebanggaan SMA Islam Diponegoro Surakarta, yaitu: Muhammad Hasan (XI),  Affan Rafif Saputra(XI), dan Irfan Salim(XI). Ketika Sang Saka Merah Putih dikibarkan, seluruh peserta upacara melakukan penghormatannya dengan penuh khidmat dan dengan diiringi lantunan lagu Indonesia Raya. Tim paduan suara juga terdiri dari para siswi SMP Islam Diponegoro Surakarta.

Setelah tim pengibar bendera kembali, pemimpin upacara membacakan teks Proklamasi Republik Indonesia yang dibacakan oleh Bung Karno 79 tahun yang lalu di Jakarta sebagai penanda kemerdekaan republik kita tercinta ini. Acara selanjutnya, masih dibawah komando pemimpin upacara, adalah mengheningkan cipta untuk mengenang jasa-jasa pahlawan yang telah gugur demi mengabdikan dirinya untuk negara ini. Setelah itu, pemimpin upacara menyampaikan amanat upacara yang berisi tentang betapa kita harus bersyukur dengan kemerdekaan ini dan berkewajiban untuk terus mengenang jasa para pahlawan pendiri bangsa. Kita, sebagai generasi pemuda muslim, haruslah memiliki tekad dan semangat yang kuat untuk mengisi kemerdekaan dengan prestasi membanggakan bagi negeri kita tercinta ini.

Upacara dilanjutkan dengan pembacaan pembukaan UUD’45 dan dilanjutkan dengan doa. Kemudian, upacara pun usai.

Selanjutnya, diumumkan berbagai pemenang lomba yang diikuti oleh siswa-siswi SMA Islam Diponegoro Surakarta. Perlombaan tersebut baik dalam rangka menyambut HUT RI ke 79 ini dan lomba-lomba lain yang dimenangkan oleh siswa-siswi SMA Islam Diponegoro Surakarta.

List pemenangnya adalah:

📌Juara 1 Business Plan *Management Creative & Skill Development Competition (Aecivest) 2024*
UPN Veteran Jawa Timur
1. Muhammad Sofwan Amir
2. Ahmad Zulfikar
3. Affan Rafif Saputra

📌Juara 2 Esai
*Lomba Esai Exteria 2024*
UGM
1. Ali Ridho

📌Juara 2
*Lomba Menulis Esai Nasional (LMEN) ke-6 Tahun 2024*
KA UNSOED Solo Raya
1. Muhammad Sofwan Amir
2. Ahmad Zulfikar

📌Juara Harapan 1
*Lomba Menulis Esai Nasional (LMEN) ke-6 Tahun 2024*
KA UNSOED Solo Raya
1. Muhammad Sofwan Amir

📌Gold Medal
*International Innovation Technology Expo 2024*
Politeknik Indonusa
1. Muhammad Sofwan Amir
2. Ali Ridho
3. Khalidi Bakrie Hadrani
4. Andi Bayu Nugroho
5. Ahmad Sami

Demikian acara puncak peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 79 berjalan dengan lancar dan khidmat. Semoga semangat kemerdekaan ini terus membara di hati seluruh anak bangsa.

Foto dan video lengkap dapat diakses disini:

https://drive.google.com/drive/folders/1ZFfVUEltiQ4sNomT6zm_PCs7TP-trDw2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Explore More

ACARA PUNCAK DIPONEGORO 5X5 BASKETBALL BOYS TOURNAMENT 2024

0 Comments 0 tags

SMA Islam Diponegoro Surakarta yang bekerjasama dengan Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro Surakarta, klub bola basket Basic, Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia cabang Solo, Pemerintah Kota Surakarta, dan Indonesia Basketball menyelenggarakan

KEGIATAN FESTIVAL RAMADHAN “BERPUASA DAN TERUS BERKARYA” HARI 1

0 Comments 0 tags

  Selama bulan Ramadhan ini, SMA Islam Diponegoro Surakarta mengadakan berbagai kegiatan dan perlombaan. Kegiatan ini dirangkim dalam tema Festival Ramadhan  1445H dengan tema utama “Berpuasa dan Terus Berkarya”. Festival

OSIS SMA ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA BERBAGI TAKJIL

0 Comments 0 tags

Selasa, 2 April 2024 OSIS SMA Islam Diponegoro Surakarta ingin mengisi kegiatan Ramadhan dengan melakukan hal yang bermanfaat. Mereka menginisiasi untuk membagikan takjil kepada lingkungan sekitar. Ada sekitar 30 nasi