Menindaklanjuti pelaksanaan pemetaan potensi minat dan bakat (tes diagnostik) kelas X bersama psikolog PsikoAktif pada bulan lalu, SMA Islam Diponegoro Surakarta mengadakan pertemuan orang tua dan murid untuk bertemu dan berkonsultasi langsung dengan Psikolog dari PsikoAktif tentang hasil tes diagnostik tersebut. Acara ini dilaksanakan di gedung putri SMA Islam Diponegoro Surakarta pada hari Rabu, 21 September 2022 mulai pukul 08.00 hingga selesai.

                Konsultasi ini dibagi dalam 3 ruangan dengan 3 psikolog yang berbeda. Mereka adalah Bapak Gandha, Ibu Siska, dan Ibu Monika. Pada tes diagnostik sebelumnya, para siswa ini telah diukur IQ, Karakter dan tipe kepribadian, minat dan bakat, serta karir yang cocok untuk mereka. Bapak Gandha menyampaikan kebanyakan dari siswa-siswi kelas X SMA Islam Diponegoro Surakarta senang bersosialisasi dengan orang lain dan senang bercerita. Pemilihan karir kedepan yang paling banyak dipilih oleh mereka adalah bisnis dan ini sangat cocok dengan karakter mereka tersebut.

                Alvira Natasya, salah satu siswi kelas X SMA Islam Diponegoro Surakarta juga menyampaikan dia sangat senang dengan konsultasi psikolog ini karena dia jadi lebih mengetahui kelebihan dan kelemahannya sehingga harus lebih mampu mengasah kemampuannya kedepan untuk meraih cita-cita. Salah satu tips yang disampaikan oleh psikolog kepada Tasya adlaah dia harus lebih berani dalam menyampaikan pendapat dan mengasah sikap kepemimpinannya karena dia sekaligus adalah ketua kelas di kelasnya tersebut. Daya ingatnya juga termasuk hal yang menonjol yang ada pada diri Tasya.

                Ali, salah satu siswa putra SMA Islam Diponegoro Surakarta juga mengatakan dia sangat senang dengan konsultasi psikolog ini karena lebih termotivasi dan bisa mendapatkan banyak hal untuk memepersiapkan karir dan cita-citanya kedepan. Ibunda dari Ali, ibu Ahlam juga menyampaikan tes ini sangat berguna, bahkan beliau juga menyampaikan kalau bisa dari SD sudah dipetakan anak-anak, sehingga bisa lebih mengetahui arah bakat dan minat mereka sejak kecil. Ibu Ahlam juga menyampaikan tes ini bukan cuma tentang nilai anak di sekolah, akan tetapi lebih kepada karakter dan kepribadian anak yang mungkin kadang sulit diungkap kalau bukan disampaikan oleh ahlinya.

                Akhirnya, acara ini sangat berguna untuk mendampingi siswa-siswi kelas X SMA Islam Diponegoro Surakarta untuk mengetahui bakat minat serta pilihan karir mereka kedepan dengan tepat sehingga dapat dipersiapkan sejak dini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Explore More

ANOTHER SATURDAY, ANOTHER ENGLISH PRACTICE

0 Comments 0 tags

Seperti biasa, setiap Sabtu, SMA Islam Diponegoro Surakarta berkomitmen untuk melaksanakan program “English Day”. Setiap warga sekolah diminta berkomunikasi dalam bahasa Inggris, baik dengan teman sejawat, guru, hingga ke penjaga

Berbagi Praktik Baik Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Islam Diponegoro Surakarta Tema Pembelajaran Terdiferensiasi

0 Comments 0 tags

Guru-guru SMA Islam Diponegoro Surakarta terus berusaha untuk mengembangkan diri dalam pembelajaran. Salah satunya adalah dengan rajin berbagi praktek baik yang dilakukan selama ini. sekolah sangat memfasilitasi dan mendukung hal

Tim Parade SMADIP is About to Show Their Performance

0 Comments 0 tags

Setelah sekian lama berlatih dengan salah satu guru olah raga SMA Islam Diponegoro Surakarta, ibu Nur Wahyuni, S.Pd., tim parade SMA Islam Diponegoro Surakarta yang beranggotakan 10 siswa putra, yaitu: Rafi,