Peningkatan kemampuan berbahasa seluruh anggota sekolah, baik guru maupun murid sangatlah menjadi perhatian bagi SMA Islam Diponegoro Surakarta. Oleh sebab itu, dicanangkanlah program English Day yang dilaksanakan setiap hari Sabtu. Program ini telah berjalan sejak semester 1 kemarin dan terus dilanjutkan hingga saat ini. Setiap siswa dan guru diminta menggunakan bahasa Inggris untuk berinteraksi dalam keseharian mereka. Sebisa mungkin, dalam pembelajaran pun dilaksanakan dalam bahasa Inggris.

Pada Sabtu pagi, 14 Januari 2023, dilaksanakanlah apel pagi yang dilanjutkan dengan penguatan program English Day ini. Bapak kepala sekolah SMA Islam Diponegoro Surakarta, Ahmadi, S.Pd., mencoba meminta beberapa siswa untuk maju dan memberikan pandangan mereka terhadap sekolah ataupun cita-cita mereka dalam bahasa Inggris. Terpilihlah 4 siswi, yaitu: Fatimah Syahira dari kelas XII IPA, Rumaisha dari kelas XI IPA, Nabila Najwa dari kelas XI IPS, dan Luluk Nawira dari kelas X untuk menyampaikan kesan pesan mereka serta cita-citanya dalam bahasa Inggris. Hal ini dilakukan sebagai contoh agar siswa-siswi yang lain juga termotivasi dan berani menggunakan bahasa Inggris dalam keseharian mereka. Bapak Ahmadi, S.Pd  mengapresiasi keempat siswi ini karena telah berani berbicara bahasa Inggris di depan teman-temannya dengan lancar dan apik. Diharapkan, setiap Sabtu akan ada perwakilan siswa yang maju untuk menyampaikan motivasi dan cita-citanya dalam bahasa Inggris ini.

Para guru yang ain juga menyampaikan pesan bahwa janganlah takut untuk mencoba dan memotivasi siswa untuk bisa menggunakan bahsa Inggris lebih sering lagi dalam keseharian mereka sehingga akan memudahkan mereka dalam interaksi global kedepan.  Program ini diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa sehingga meerka menjadi lebih berani dan cakap dalam menggunakan bahasa asing, terutama bahasa Inggris, sehingga mereka akan lebih siap menjadi masyarakat dunia kedepan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *