Kesehatan adalah aspek penting yang sedang menjadi perhatian masyarakat saat ini. Pemerintah juga turut mengamati dan melakukan berbagai upaya dalam peningkatan kesehatan warganya. Salah satunya adalah puskesmas Sangkrah yang hendak melakukan screening kesehatan bagi warga sekitarnya. Fokus utama puskesmas Sangkrah adalah pada kesehatan remaja putri di daerah sekitarnya. SMA Islam Dipongoro Surakarta, sebagai salah satu sekolah yang masih termasuk wilayah puskesmas Sangkrah, juga dilakukkan pemeriksaan bagi para siswi kelas Xnya.

Pada hari Sabtu, 28 Januari 2023 pukul 8 pagi, beberapa anggota puskesmas Sangkrah telah tiba di SMA Islam Diponegoro Surakarta gedung putri untuk melakukan beberapa cek kesehatan, mulai dari screening anemia, pemeriksaan hemoglobin darah, mengukur tensi dan konsultasi kesehatan secara gratis. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan mencegah anemia pada remaja putri. Para siswi diminta sarapan terlebih dahulu sebelum akhirnya mereka mengisi borang kesehatan yang berisi tentang data diri, tanggal menstruasi terakhir, tinggi dan berat badan.

Dari hasil screening ini, diketahui bahwa siswi-siswi SMA Islam Diponegoro Surakarta dinyatakan sehat, hanya beberapa yang terindikasi mengalami gejala anemia ringan karena faktor kelelahan, seperti kurang tidur. Hasil screening ini nantinya akan diberikan kepada wali kelas untuk ditindaklanjuti kedepan. Dibutuhkan kerja sama dengan para orang tua agar kesehatan mereka dapat terpantau dengan baik. Selain itu, screening ini nantinya diharapkan dapat dilakukan secara rutin untuk memantau kesehatan remaja putri, terutama bagi siswi-siswi SMA Islam Diponegoro Surakarta.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *