Untuk menjalin persaudaraan yang erat antar unit-unit di Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro Surakarta, SMA Islam Diponegoro Surakarta mengundang SMP Islam Diponegoro Surakarta untuk berkunjung dan mendengarkan berbagai prestasi yang telah diraih oleh para siswa-siswi SMA Islam Diponegoro Surakarta. Gayung pun bersambut, kepala sekolah SMP Islam Diponegoro Surakarta, bapak Namara Dirgantara, S.Pd.,M.M. menyambut baik undangan ini.

Sabtu, 21 Januari 2023 dilaksanakanlah talkshow berjudul “Menyemai Bakat, Meraih Prestasi” dengan 8 narasumber inspiratif dari siswa-siswi SMA Islam Diponegoro Surakarta. Acara dimulai pada pukul 10.00 yang dihadiri oleh seluruh siswa-siswi SMP Islam Diponegoro Surakarta. Acara yang bertempat di gendung Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro Surakarta ini juga dihadiri oleh kepala sekolah, beserta jajaran manajemen dan wali kelas serta beberapa guru dari SMP dan SMA Islam Diponegoro Surakarta. Acara diawali dengan sambutan dari kepala sekolah SMA Islam Diponegoro Surakarta, bapak Ahmadi, S.Pd sebagai bentuk penyambutan kepada jajaran guru/karyawan serta para siswa-siswi SMP Islam Diponegoro Surakarta. Sambutan juga disampaikan oleh bapak Namara Dirgantara, S.Pd.,M.M. sebagai bentuk penghormatan karena telah diundang oleh SMA Islam Diponegoro Surakarta.

Selanjutnya, acara sharing session oleh 8 narasumber inspiratif siswa-siswi SMA Islam Diponegoro Surakarta dan dimoderatori oleh bapak Ismail, S.Pd.  Kedelapan siswa-siswi sebagai nara sumber tersebut berprestasi di berbagai bidang, mulai dari keagamaan, akademik, kepemimpinan, olah raga, kewirausahaan, hingga multimedia. Para narasumber tersebut dan prestasi membanggakannya adalah sebagai berikut:

Fatimah Zahra (XII IPA): Juara 1 Lomba Tahfidz Putri 5 Juz tingkat Kecamatan Pasar Kliwon Tahun 2022 dan lolos sertifikasi UMMI yang artinya diperbolehkan mengajar Alquran dengan metode UMMI.

Najwa Khanan(XII IPS):

  • Juara 1 Lomba MTQ Putri tingkat Kecamatan Pasar Kliwon Tahun 2022,
  • Finalis International STEM Innovation Olympiad 2023.

Najwa Ayusya (XI IPA): Juara 1 Lomba Karate.

Nadyah (XII IPA): Juara 1 lomba debat.

Mohammad (XI IPS):

  • Juara 1 Lomba Esai Nasional,
  • Ketua OSIS Putra Tahun Kepengurusan 2022/2023,
  • Juara 1 Liga Solo Divisi II

Ahmad Sungkar (XI IPS):

  • Juara 1 Liga Solo Divisi II,
  • POPDA Kota SUrakarta,
  • Porprov Jawa Tengah,
  • Juara II Lomba Basket 3×3

Sofwan Muhammad Amir (X):

  • Juara 1 Lomba Esai Nasional
  • Finalis Lomba Hadrah Tingkat Nasional,
  • Finalis LKTI tingkat Internasional,

Farhan Husyn (XI IPA): Tim Multimedia dan Publikasi SMA Islam Diponegoro Surakarta

                Bapak Ismail, S.Pd. dengan piawai dan luwes menanyai setiap narasumber tersebut sehingga para narasumber dapat dengan percaya diri berbagi pengalaman membangakan mereka. Hal ini juga sebagai aktualisasi diri bahwa setiap prestasi perlu diapresiasi dan melatih public speaking mereka sehingga para siswa-siswi ini memiliki pengalaman berharga untuk berbicara di depan umum. Manfaat besar juga didapatkan oleh para hadirin karena jadi tahu berbagai kiat-kiat untuk meraih prestasi gemilang seperti para narasumber ini. Banyak hal menarik yang dapat diambil, seperti Ahmad Sungkar yang sudah ikut klub basket dari kelas 4 SD dan mampu memiliki prestasi yang unggul hingga sekarang. Bukanlah perjuangan yang sebentar untuk terus meningkatkan kualitas diri. Mohammad juga menyampaikan bahwa meskipun dia juga suka bermain basket, prestsasi akademik pun juga mampu dia raih dengan pembagian waktu dan aktivitas yang harus seimbang. Sofwan yang juga suka bermusik tak mau kalah mengungkapkan bahwa dia tetap bisa berprestasi baik sambil menyalurkan hobi hadrahnya. Kemudian, Farhan Husyn yang sangat memiliki peranan besar dalam membagikan setiap momen yang ada juga menyampaikan bahwa penting bagi kita untuk memaknai setiap keadaan dan bisa membuat setiap momen menjadi cerita yang menarik dan dapat dikenang. Selanjutnya, Nadyah yang menjuarai lomba debat mengatakan bahwa memegang teguh argumen sangatlah penting sehingga tidak mudah digoyahkan. Fatzah, begitu sapaan akrab Fatimah Zahra, yang kalem dna pemalu juga tak kalah berharga. Dia membagikan tips sukses menghafal Alquran 5 juz yaitu dengan rajin mendengarkan tilawah dari hp saat dia mengerjakan aktivitas lain. Hal ini tentu saja memudahkan dia dalam menghafal dan memawa berkah tersendiri dari berbagai aktivitas yang sedang dilakukan. Najwa Ayusha yang menjuarai lomba karate ternyata juga sejak umur 7 tahun telah berlatih dan mengikuti berbagai pertandingan.

Hal ini sangat mengasah mentalnya untuk menjadi pemberani dan tangkas. Selanjutnya, Najwa Khanan yang sudah kenyang mengikuti berbagai jenis lomba juga membagikan tips bahwa kalah menang bukalah ukuran yang utama, pengalamanlah yang nanti akan sangat berharga dan akan sangat membantu kita kedepan.

                Setelah mendengarkan berbagai kisah inspiratif dari para pembicara, dibukalah sesi tanya jawab. Para peserta sangat antusias untuk bertanya karena ingin berprestasi seperti mereka juga. Ada 7 penanya dari siswa-siswi SMP Islam Diponegoro Surakarta yang sangat menarik dan membuat hidup suasana sehingga para pembicara dengan antusias menjawab dan bercerita lebih lanjut.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan kenang-kenangan bagi para penanya dan nara sumber, kemudain ditutup dengan ucapan terima kasih dan quote baha

sa Inggris dari Fatimah Zahra dan Ahmad Sungkar karena setiap Sabtu  SMA Islam Diponegoro Surakarta mengadakan program  English Day. Hal ini sebagai komitmen dan usaha bersama meningkatkan kemampuan literasi bahasa Inggris para warga sekolah. Acarapun berakhir dan para peserta sangat senang mendapatkan informasi dan tips menarik pada hari ini.

Demikian sesi talkshow ini dilakasanakan. Semoga bisa menjadi pembelajaran dan membagikan pengalaman berharga untuk setiap peserta sehingga jiwa ingin terus berprestasi tertanam dalam jiwa mereka. Semoga berbagai kesempatan seperti ini akan sering dilakukan untuk melatih kemampuan para peserta didik untuk menguasai panggung dan berbagi pengalaman. Hal ini menjadi salah satu alternatif pembelajaran karakter yang tidak hanya melulu belajar di dalam kelas.

 

More Photos:

https://drive.google.com/drive/folders/11SwzjcNp7mCniL-Ww_u4Vb9H9uFdIc3Z?usp=sharing

https://drive.google.com/drive/folders/1CTT7e5Vpjx2TRpyJ-6tMUj1rPjC-UuL3?usp=share_link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *