SOSIALISASI APLIKASI SIMBIOSIS KEPADA ORANG TUA SEBAGAI BENTUK DIGITALISASI SEKOLAH

3 Maret 2023 0 Comments

Sekolah-sekolah dibawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro Surakarta, termasuk SMA Islam Diponegoro Surakarta, terus berkomitmen untuk mengikuti perkembangan zaman yang ada. Oleh sebab itu, Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro Surakarta menciptakan aplikasi yang komprehensif dan dapat diakses melalui gawai setiap individu. Aplikasi ini disebut Simbiosis. Aplikasi Simbiosis ini mewadahi siswa, guru, dan orang tua untuk dapat memantau perkembangan siswa secara menyeluruh. Aplikasi Simbiosis ini pula dibuat oleh dua tim IT Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro Surakarta, yaitu bapak Syarifudin, S.Kom dan Bapak Gus Anwar, S.Kom.

Guru-guru di lingkungan SMA Islam Diponegoro Surakarta telah lihai dalam menggunakan aplikasi ini, mulai dari absensi kehadiran guru harian, absensi wali kelas, jurnal mengajar, dan lain sebagainya. Manajemen sekolah pun dapat memantau perkembangan guru dan siswa dan melakukan supervisi secara online melalui aplikasi ini. Dengan menggunakan aplikasi ini, informasi dapat diketahui secara real-time.

                Kamis, 2 Maret 2023, SMA Islam Diponegoro Surakarta mengundang orang tua siswa-siswi kelas X dan XI SMA Islam Diponegoro Surakarta untuk mengikuti sosialisai penggunakaan aplikasi Simbiosis bagi orang tua. Kegiatan ini dibuka oleh kepala sekolah SMA Islam Diponegoro Surakaarta, bpak Ahmadi, S.Pd. dan juga dihadiri oleh direktur Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro Surakarta, bapak Fikri Nahdi, S.T. Kegiatan ini dikawal oleh dua petugas IT Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro Surakarta, bapak Syarifudin, S.Kom dan Bapak Gus Anwar, S.Kom dan di bantu oleh tim IT SMA Islam Diponegoro Surakarta. Dengan antusias, para orang tua mengikuti kegiatan ini dan belajar cara log in dan menggunakan fitur-fitur yang tersedia mulai dari update data diri siswa dan orang tua, pengecekan jadwal dan PR bagi siswa, dan informasi pembayaran yang semua telah tersedia di aplikasi ini. Kegiatan ini sangat membantu para orang tua untuk lebih mudah mengakses perkembangan putra/putrinya di rumah dan bisa terus membantu untuk memantau dan memotivasi kegiatan siswa. Diharapkan, kedepan, aplikasi ini akan lebih intensif dan masif digunakan ksehingga membantu mewujudkan sekolah yang benar-benar menerapkan digitalisasi dalam segala aspek kegiatannya.

More photos:

https://drive.google.com/drive/folders/16xRffsFl8LOfnCFC92da34v2YfMZBWNL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *