Selasa, 23 Agustus 2022 Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro Surakarta kedatangan tamu akbar dari Hadramaut, Yaman. Beliau adalah Alhabib Dr. Hasyim bin Abdurrahman Alaydrus. Seluruh siswa-siswi dari SD (kelas 4-6 putra) hingga SMA dan seluruh guru dan karyawan Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro berkumpul di aula YPID untuk mengikuti kajian tersebut.

Acara ini dimulai pada pukul 10 yang ditandai kehadiran Alhabib Dr. Hasyim bin Abdurrahman Alaydrus dan disambut dengan qosidah Tala’al badru dari tim hadroh SMP dan SMA Islam Diponegoro Surakarta. Seluruh peserta berdiri dalam menyambut habib sebagai bentuk penghormatan kepada beliau. Acara ini dipandu oleh Ustaz Hanafi dari SD Islam Diponegoro Surakarta. Acara ini juga dihadiri beberapa pengurus yayasan Pendidikan Islam Diponegoro Surakarta, seperti Ustadz Abdillah bin Hasan Alaydrus, Ustaz Ali dan Muhammad Hasan Alhabsyii, Ustadz Sholeh Alkaff, Ustadz Ali Alwi Assegaf, Ustadz Anis Habibi Mulachela, dan Ustadz Fikri Nahdi.

Acara diawali dengan pembukaan oleh Al Habib Abdillah bin Hasan Alaydrus. Habib Ja’far bin Ali Assegaf juga menyampaikan sepatah dua patah kata dalam acara ini. Kemudain, salah satu perwakilan siswa SMP Islam Diponegoro Surakarta, Muhammad Hadi, dari kelas 8A melantunkan ayat-ayat suci Al-quran.

Memasuki acara inti, yaitu kajian disampaikan langsung oleh Alhabib Dr. Hasyim bin Abdurrahman Alaydrus dalam bahasa arab dan diterjemahkan oleh Alhabib Ali Hasan Alhabsiyi. Kajian ini berisi 2 nasehat tentang pentingnya kita berpegang teguh pada Al-Quran. Nasehat 1 dari Alhabib Dr. Hasyim bin Abdurrahman Alaydrus adalah pentingnya kita bertautan pada guru-guru yang mengajarkan kita Al-quran karena mereka adalah cahaya Allah SWT. Beliau juga mencontohkan Imam Ahmad bin Hambal yang mengibaratkan gurunya, imam Syafi’i, sebagai matahari bagi bumi dan air hujan bagi tanah. Hal ini menunjukan betapa butuhnya kita dengan guru-guru kita untuk menyambungkan kita pada Allah SWT.

Nasehat kedua yang disampaikan oleh Alhabib Dr. Hasyim bin Abdurrahman Alaydrus adalah pentingnya kita menhormati Alquran itu sendiri. Beliau mencontohkan bagaimana Asslafuna Sholeh menghormati Alquran dengan selalu meletakan Alquran di tempat yang tinggi dan memegangnya ketika dalam keadaan memiliki wudhu. Beliau juga mencontohkan sunnah-sunnah sebelum membaca Alquran, yaitu dengan bersiwak dan menghadap kiblat. Hal ini agar kita mendapat sirr (rahasia) dari firman Allah SWT tersebut.

Di akhir, Alhabib Dr. Hasyim bin Abdurrahman Alaydrus mencontohkan membaca surat AL Fatihah yang benar dan diikuti seluruh peserta besama-sama. Terakhir, beliau memberikan ijazah yang didapatkan oleh guru beliau Alhabib Hasan Syatri supaya mudah dalam menghafalkan Alquran, yaitu dengan membaca surat Al-A’la dari awal hingga sampai pada ayat “Sanukriuka falaa tansa” di ulang 7x kemudian dilanjutkan hingga akhir surat.

Acara diakhiri dengan penandatanganan dan penulisan nasehat pada 2 buku siswa SMP oleh Alhabib Dr. Hasyim bin Abdurrahman Alaydrus karena kedua siswa tersebut dinilai khidmat selama acara berlangsung. Dengan berakhirnya acara tersebut, semoga kita semua dapat menjadi hamba-hamba Allah yang hatinya selalu dipenuhi dengan Alqurannul Karim sehingga dapat mensyafaati kita hingga di akhirat kelak. Ammiinn ammiiin ya robbal alamin.

(Ditulis oleh: Tamy- Humas SMA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Explore More

Tim Parade SMADIP is About to Show Their Performance

0 Comments 0 tags

Setelah sekian lama berlatih dengan salah satu guru olah raga SMA Islam Diponegoro Surakarta, ibu Nur Wahyuni, S.Pd., tim parade SMA Islam Diponegoro Surakarta yang beranggotakan 10 siswa putra, yaitu: Rafi,

ACARA PUNCAK HARI PAHLAWAN DAN HARI GURU SMA ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA

0 Comments 0 tags

Sebagai rangkaian dari peringatan hari pahlawan dan hari guru 2022, SMA Islam Diponegoro Surakarta mengadakan acara puncak peringatan hari nasional ini di gedung Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro Surakarta. Para siswa,

AKHIRUSSANAH BAGI KELAS XII SMA ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA ANGKATAN TAHUN 2022/2023

0 Comments 0 tags

Selasa, 20 Juni 2023 menjadi tanda secara resmi siswi-siswi kelas XII SMA Islam Diponegoro Surakarta mengakhiri statusnya sebagai pelajar. Tentu saja, hal ini menjadi hal yang membanggakan sekaligus penuh haru.