SEMINAR DIGITALISASI SEKOLAH DARI TELKOM WITEL SOLO

6 April 2023 0 Comments

Puasa tak menghalangi SMA Islam Diponegoro Surakarta untuk terus bergerak dalam belajar. Meskipun siswa-siswinya sedang menjalani penilaian tengah semester, para guru ditengah kesibukannya dalam mengoreksi dan memberikan nilai raport tetap mengikuti beberapa kegiatan baik eksternal maupun internal. Salah satunya adalah kepala sekolah SMA Islam Diponegoro Surakarta, bapak Ahmadi, S.Pd. yang didampingi ibu Fatimah, S.Pd.,M.M. menghadiri acara seminar digitalisasi sekolahdengan tema “Sustainable Education through Digitalization” yang diselenggarakan oleh Telkom Witel Solo pada Rabu, 5 April 2023 kemarin.

Dalam seminar ini, dijelaskan tentang aplikasi yang diluncurkan oleh Telkom Indonesia bernama Pijar. Aplikasi ini memefasilitasi pembelajaran dengan kurikulum merdeka yang digunakan oleh pemerintah Indonesia saat ini. Aplikasi Pijar ini memfasilitasi pembelajaran hybrid learning (baik online maupun offline) untuk digunakan para pelajar di seluruh Indonesia dan melibatkan baik guru maupun orang tua untuk memantau perkembangan belajar siswa.

Ada 2 pembicara handal yang dihadirkan pada seminar kali ini. yang pertama bapak Hafiz yang menjelaskan tentang seberapa tertinggalnya Indonesia dengan negara-negara lain yang membuat mentri pendidikan Indonesia saat ini, Nadiem Anwar Makarim, mencanangkan kurikulum baru yang sering disebut kurikulum merdeka. Beliau juga menjelaskan mengapa Telkom tergerak untuk terus berkontribusi dalam dunia pendidikan dan menjelaskan penggunaan aplikasi Pijar ini yang sangat user-friendly. Selanjutnya, ada beberapa penyanya yang mengajukan pertanyaan seputar penjelasan dari bapak Hafidz tadi. Pembicara kedua dalam seminar ini adalah bapak Rosa Sanjaya yang menjelaskan tentang GESSIT (Gerakan Sejuta Siswa Digital) yang sudah merambah di berbagai kota di Indonesia, termasuk di Solo.

Acara terakhir adalah kuis yang diikuti oleh seluruh peserta. Alhamdulilah, dalam kesempatan ini, ibu Fatimah, S.Pd.M.M. mendapatkan juara ketiga dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disajikan melalui aplikasi Quizziz mengenai penjelasan materi yang disampaikan dalam seminar ini.

 

Acara seminar ini sangat bermanfaat dan membuka mata kita bahwa kita harus tetap mengikuti perkembangan dan kemajuan teknologi karena siswa-siswi kita nantinya akan menjadi generasi penerus yang akan hidup berdampingan dengan teknologi. Sangatlah penting untuk mendidik mereka dalam memanfaatkan teknologi dengan bijaksana dan tepat guna.

 

Foto dan Video lengkapa ada di link dibawah ini:

https://drive.google.com/drive/folders/1pFIojsOk1wp2E-eNCOSB1bj72axOB9BY

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *