Seperti biasa, setiap Sabtu, SMA Islam Diponegoro Surakarta berkomitmen untuk melaksanakan program “English Day”. Setiap warga sekolah diminta berkomunikasi dalam bahasa Inggris, baik dengan teman sejawat, guru, hingga ke penjaga sekolah. Tak hanya para siswa, setiap guru pun juga dimint melaksanakan dan mengawal program ini dengan baik.

Apel pagi yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 4 Februari 2023 pukul 7 pagi ini juga dimaknai sebagai pelatihan public speaking para anggota sekolah dalam penguasaan bahasa Inggris. Kali ini, 5 siswi putri dari perwakilan masing-masing kelas menyampaikan motivasi dan mimpinya dalam bahasa Inggris di depan teman-temannya. Kelima anak tersebut adalah:

 

  1. Fatimah Raihana: XII IPA
  2. Shery Pramudita Soelistyowati: XII IPS
  3. Hanina I.: XI IPA
  4. Salsabila: XI IPS
  5. Nura Hasyimia: X.

Sedangkan, di gedung putra, ada 3 perwakilan yang menyampaikan cita-cita dan mimpi mereka dalam bahasa Inggris. Mereka adalah:

  1. Hasan Nur Rosyid: X Putra
  2. Muhammad Rafi: X Putra
  3. Muhammad Rifky Darmawan: XI IPA.

Setiap yang terpilih ini menyampaikan berbagai hal dalam bahasa Inggris. Ada yang menyampaikan motivasi lewat quote-quote menarik, tips mereka dapat lancar berbahasa Inggris dengan menggunakan aplikasi chatting dengan native speakers, cita-cita mereka, dan opini mereka terhadap program English Day ini. Tak hanya para siswi, ibu Ricka Intan Setiyani, S.Pd, selaku guru Sosiologi dan PKn pun juga ikut berapartisipasi dalam memotivasi siswa-siswi untuk menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari dan cara mudah belajar pelafalan bahasa Inggris seperti dengan mendengarkan lagu, menonton film,dan lain sebagainya.

Bapak Ahmadi, S.Pd, selaku kepala sekolah SMA Islam Diponegoro Surakarta juga memberikan motivasi dan penguatan penggunaan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Beliau mengutip suatu quote yang menarik dalam bahasa Indonesia, yaitu: “bukanlah mereka yang paling pintar yang akan sukses, tetapi mereka yang paling bersungguh-sungguh.” Kutipan ini pun diartikan dalam bahasa Inggris oleh Khadijah Wafa dari kelas XI IPS sebagai bentuk keaktifannya berpartisipasi dalam program ini. Semoga program baik ini bisa istiqomah dilaksanakan setiap minggnya sehingga dapat melatih kefasihan dan kelancaran berbahasa Inggris para warganya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Explore More

GELAR KARYA SISWA-SISWI SMA ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DAN GRAND LAUNCHING GEDUNG PUTRI BARU

0 Comments 0 tags

Kamis, 15 Juni 2023 menjadi hari yang bersejarah bagi siswa-siswi SMA Islam Diponegoro Surakarta, khususnya yang berada di jenjang kelas X. Pasalnya, karya projek penguatan pelajar pancasila (P5) yang mereka

SUKSESKAN PROGRAM SEKOLAH, SMA ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA GELAR RAKOR RUTIN MINGGUAN

0 Comments 0 tags

Seperti biasanya, hari Sabtu, 19 November 2022, SMA Islam Diponegoro Surakarta mengadakan rapat koordinasi yang dihadiri oleh  manajemen sekolah, para guru dan karyawan SMA Islam Diponegoro Surakarta di SMA putri.

TALKSHOW “MENYEMAI BAKAT, MERAIH PRESTASI

0 Comments 0 tags

Untuk menjalin persaudaraan yang erat antar unit-unit di Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro Surakarta, SMA Islam Diponegoro Surakarta mengundang SMP Islam Diponegoro Surakarta untuk berkunjung dan mendengarkan berbagai prestasi yang telah