Jantung para calon wisudawan dan wisudawati tahfidz SMA Islam Diponegoro Surakarta berdegup lebih kencang pada hari Senin, 27 Februari 2023. Hal ini karena ujian tahfidz Alquran dilakukan pada hari tersebut.  Ada 33 calon wisudawan dan wisudawati yang mengikuti ujian kali ini. Mereka adalah:

No Nama Siswa Kelas Juz
1 Fajar Rizqi Hakim X.1(Pa) 29
2 Hasan Nur Rosyid X.1(Pa) SP
3 Kautsar Alieffian F.i. X.1(Pa) 30
4 Muhammad Wahyu Wibawa X.1(Pa) 30
5 Zain  Sami X.1(Pa) 30
6 Mohammad XI.IPS (Pa) 29
7 Muhammad Ilham XI.IPS (Pa) 28
8 Muhammad Zaky XI.IPS (Pa) 30
9 Muhammad Anis XI.IPA (Pa) 29
10 Farhan Husyin XI.IPA (Pa) 30
11 Muhamad Rifky Dharmawan XI.IPA (Pa) 30
12 Aulia Rakhmah X.2 (Pi) SP
13 Fatimah Amiroh X.2 (Pi) SP
14 Najwa Nabila X.2 (Pi) 29
15 Naura Fatimah X.2 (Pi) SP
16 Nura Hasyimia X.2 (Pi) 29
17 Nabila Najwa XI.IPS (Pi) 30
18 Zaenab Ramadhani XI.IPS (Pi) 29
19 Aisyah Khoirunnisa XI.IPA (Pi) 29
20 Karimah XI.IPA (Pi) 29
21 Naila Faidzatun Musyarofah XI.IPA (Pi) 29
22 Rania XI.IPA (Pi) 29
23 Rumaisha XI.IPA (Pi) 27
24 Sharifah Maryam XI.IPA (Pi) 29
25 Syarifah Amira XI.IPA (Pi) 29
26 Yasmine Malica XI.IPA (Pi) 29
27 Zulfa Nur Bahirah XI.IPA (Pi) 28
28 Hanina Ishmatush S. XI.IPA (Pi) 29
29 Najwa Khanan XII IPS (Pi) SP
30 Salsabila Naif Abdat XII IPS (Pi) SP
31 Fatimah Najwa XII IPA (Pi) 30
32 Fatimah Syahira XII IPA (Pi) SP
33 Fatimah Zahra XII IPA (Pi) 28&SP

Para siswa telah belajar dengan giat dalam mengulang hafalan mereka selama beberapa hari terakhir. Para guru Alquran SMA Islam Diponegoro Surakarta, yaitu ibu Himatul Aliyah, S.PdI, Ustazah Siti Isfah, dan Ustaz Aziz Muslim, juga turut membantu mendengarkan, membetulkan, dan memotivasi setoran hafalan mereka selama beberapa waktu ini. Setoran hafalan mereka beragam tergantung dari pilihan juz yang telah dicapai. Rumaisha dari kelas XI IPA putri misalnya, telah menghafal hingga Juz 27. Banyak pula yang akan melakukan setoran juz 28, 29, dan 30. Ada pula yang memilih untuk melakukan hafalan pada surat-surat pilihan, seperti surat Yasin, Al-Waqiah, Ar-Rahman, Sajdah, dan surat Dukhon.

Ujian untuk calon wisudawan dari kelas-kelas putra dilaksanakan di kelas XI IPA dengan mengundang 2 penguji yaitu Ustaz Imam Ghazali dan Ustaz Muhammad Alfian Rafi Afifurrasyid. Sedangkan, untuk calon wisudawati dari kelas-kelas putri, ujian dilaksanakan di gedung putri dengan 5 ustazah, yaitu Ustadzah Afwah Nursiyam, ustadzah Sholikhatun, ustadzah Iqlimatul Muakhiroh, ustadzah Astri, dan ustadzah Kamelia.

Ujian dilaksanakan dengan khidmat dan masing-masing calon wisudawan-wisudawati melakukan setoran hafalan mereka kepada penguji. Setelah itu, akan ada ujian sambung ayat yang dilakukan. Penguji akan secara acak memilih surat dan ayat dari juz yang siswa setorkan dan membacakan ayat tersebut. Para siswa nantinya harus meneruskan ayat tersebut dengan benar dan membaca dengan tajwid yang tepat.

Mari kita doakan bersama kelancaran dan kesuksesan hafalan Alquran siswa-siswi SMA Islam Diponegoro Surakarta ini. semoga Allah SWT membantu mereka dalam menempuh ujian ini dan Alquran bisa senantiasa menghiasi lisan mereka selalu. Semoga mereka juga dapat memberikan mahkota untuk orang tua mereka kelak di akhirat dari kecintaan mereka terhadap Alquran ini. Aaammiiinnn ya robbal alamin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Explore More

ACARA PUNCAK HARI PAHLAWAN DAN HARI GURU SMA ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA

0 Comments 0 tags

Sebagai rangkaian dari peringatan hari pahlawan dan hari guru 2022, SMA Islam Diponegoro Surakarta mengadakan acara puncak peringatan hari nasional ini di gedung Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro Surakarta. Para siswa,

PUNCAK KEGIATAN PRADHANA SMA ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA

0 Comments 0 tags

  SMA Islam Diponegoro Surakarta sangat memberikan perhatian dalam kehidupan keagamaan siswa-siswinya. Pada bulan Ramadhan ini, SMA Islam Diponegoro Surakarta mengadakan Pekan Kreativitas Ramadhan (PRADHANA) yang berlangsung dari tanggal 8-15

PERSIAPAN MENUJU WISUDA TAHFIDZ TAHUN 2023

0 Comments 0 tags

Alquran selalu menjadi ruh pada setiap muslim. Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro Surakarta juga menjadikan Alquran sebagai prioritas dalam pengajarannya. Alquran sebagai petunjuk hidup umat manusia tentunya perlu ditanamkan sejak dini.