Kamis, 9 Februari 2023 menjadi hari yang sangat dinanti-nanti siswa-siswi kelas XI SMA Islam Diponegoro Surakarta. Hal ini karena ada kegiatan karya wisata ke kota Gudeg, Yogyakarta. SMA Islam Diponegoro Surakarta bermintra dengan AV Tour and Travel dalam kegiatan karya wisata kali ini. Dengan penuh semangat dan antusias, jam 7 pagi para guru dan siswa kelas XI telah berkumpul untuk mempersiapkan keberangkatan mereka ini. Siswa-siswa kelas XI putra yang didampingi oleh bapak Zakaria Sandy Pamungkas, M.Pd selaku wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dan wali kelas XI IPA Putra, bapak Anggit Wijanarko,S.Pd. , telah bersiap untuk menaiki ELF untuk menempuh perjalanan ini. Sedangkan di gedung putri, para siswi kelas XI putri beserta ketiga guru pendampingnya, yaitu ibu Soelistyowati, S.Pd, ibu Andri Pipit Rahdiyanti, S.Pd., dan ibu Fatimah, S.Pd.M.M., dan juga ibu Irma selaku perwakilan komite, juga ikut dalam kegiatan ini. Para siswi putri dan pendampingnya menempuh perjalanan ke Yogyakarta dengan bus pariwisata yang disediakan oleh pihak AV Tour and Travel. Selama perjalanan ini, siswa putra dan putri tidak pernah berinteraksi langsung dan tetap menjaga adab keislaman yang selama ini diberlakukan di sekolah.

Setelah menempuh perjalanan sekitar dua jam, tibalah para siswa-siswi ini di kota tujuan. Kunjungan pertama dilakukan di Badan Tenaga Nuklir Nasional. Disana, para siswa dijelaskan tentang kegunaan nuklir dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, para siswa juga diajak melihat langsung percobaan bagaimana cobalt dapat memurnikan limbah tekstil dengan menggunakan alat khusus dan dilengkapi alat pendeteksi kadar radiasi. Tanggapaan para siswa sangatlah beragam dengan percobaan ini, ada yang merasa ini sangat menyenagkan dan seru, akan tetapi ada juga yang merasa takut selama percobaan ini berlangsung. Alhamdulilah, hal ini berjalan lancar dan menjadi pengalaman baru dan berharga bagi para siswa.

                Setelah itu, rombongan menuju ‘Kenes Resto’ untuk makan siang dan sholat disana.

Perjalanan dilanjutkan ke “Omah Oblong Yogyakarta”. Disini,para siswa bisa mempraktekan langsung penyablonan kaos dan kaos hasil sablonan mereka ini bisa mereka bawa pulang. Selain itu, mereka juga bisa membeli kaos, tas, daster, dan berbagai produk lainnya di “Omah Oblong Yogyakarta” ini. Mereka sangat antusias untuk window shopping disini. Bahkan, beberapa siswa juga membeli produk di lokasi ini.

Selanjutnya, untuk membeli oleh-oleh makanan khas Yogyakarta, para siswa mengunjungi daerah industri pembuatan bakpia “Pathok”. Beberapa siswa terlihat membeli bakpia dan jenis makanan lainnya sebagai cendera mata keluarga dirumah. Kemudian, para siswa melanjutkan perjalanan yang paling di tunggu-tunggu ke icon kota Yogyakarta, apalagi kalau bukan Malioboro. Disana, mereka menikmati keindahan panorama dan bangunan-bangunan megah disekitar Malioboro. Ada pula yang berbelanja barang murah yang dijajakan di pasar Bringharjo. Para siswa juga berfoto bersama sebagai kenang-kenangan kebersamaan mereka mengunjugi kota pelajaran kali ini.

Pada pukul 7 malam, para siswa putra dengan ELF nya dan siswi-siswi putri dengan mengendarai bus kembali ke Surakarta. Sepanjang perjalanan, mereka bercerita dan bernyanyi bersama untuk mengenang kegiatan hari ini yang sangat menyenangkan dan tak terlupakan.

 

Cek foto-foto lengkap perjalanan siswa-siswi kelas XI SMA Islam Diponegoro Surakarta disini:

https://drive.google.com/drive/folders/18OC4yYH0Pqc6vjasF7vFGit0ncHSTAMD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *