Selasa, 25 Oktober 2022 SMA Islam Diponegor kedatangan petugas berseragam hijau, yaitu beberapa tim Tentara Negara Indonesia dari Danramil Pasar Kliwon. Para tentara ini ingin membagikan motivasi dan pembekalan tentang pentingnya nilai-nilai Pancasila yang harus bisa diterapkan dalam kehidupan generasi muda saat ini.

Pancasila sebagai dasar negara dan idelologi bangsa Indonesia harus terus relevan sebagai acuan pembangunan dan penguatan karakter bangsa. Oleh sebab itu, para pemuda harus terus memupuk nilai-nilai Pancasila yang ada pada dirinya agar tidak tergerus zaman.

Kapten Infantri Suwarto selaku pembicara hadir di aula Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro Surakarta untuk menyampaikan motivasi dan pengalamanya yang telah berkecimpung di dunia militer sejak tahun 1991. Beliau menyampaikan bahwa dengan pengalamanya selama 30 tahun lebih itu, Pancasila tetap tidak tergantikan dan mampu menyatukan bangsa Indonesia. Beliau juga menceritakan pengalamannya yang harus bertugas di beberapa daerah konflik, seperti Timor-Timor sebelum memisahkan diri dengan Indonesia, Ambon, hingga Libanon. Beliau juga menyampaikan pentingnya memiliki jiwa disiplin, ulet, dan pantang menyerah dalam mengahadapi berbagai keadaan.

 

Setelah acara motivasi dengan Kapten Infantri Suwarto, siswa-siswi SMA Islam Diponegoro Surakarta diminta untuk beristirahat selama 20 menit kemudian akan mengikuti kegiatan Baris-berbaris dengan para anggota TNI Danramil Pasar Kliwon yang telah hadir. Seluruh siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini dan mendapatkan banyak ilmu baru dalam baris-berbaris.

Setelah itu, mereka kembali ke aula Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro Surakarta untuk mengikuti refleksi diri terhadap kegiatan hari ini. Semoga kegiatan bersama Tentara Negara Indonesia ini dapat membekas di memori mereka dan dapat memberikan kesan dan pengaruh positif dalam meningkatkan rasa cinta tanah air mereka sebagai generasi penerus bangsa kedepan.

Cek foto-foto lengkap kegiatan ini di link bawah ini:

https://drive.google.com/drive/folders/1vv7JFVTRdQcjTHcaiwejmk-rLhZEWLWF?usp=sharing

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *