Senin, 22 Mei 2023 menjadi hari yang membahagiakan bagi ibu Dian Octaviani, S.Pd dan ibu Fatimah, S.Pd.,M.M. selaku guru bahasa Inggris di SMA Islam Diponegoro Surakarta. Hal ini karena mereka berkesempatan untuk mengembangkan diri dengan mengikuti workshop penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kemampuan mengajar sehingga membuat siswa lebih engage dalam pembelajaran.

Kegiatan ini dilaksanakan di Meeting Hall SDIT Insan Mulia Surakarta. Pembicara dalam workshop kali ini adalah Prof. Handoyo Puji Widodo yang pernah menjadi salah satu pengajar di King Abdul Aziz Univesity, Jeddah. Seminar ini dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB hingga kurang lebih pukul 12.30 WIB. Seminar ini sangat menarik dan pembicaranya sangat atraktif membahas tentang pengalamannya. Prof. Handoyo sendiri sangat senang menulis jurnal sehingga sudah expert dalam dunia penelitian tindakan kelas.

Hal menarik yang beliau sampaikan adalah bahwa penelitian tindakan kelas dapat di bagi menjadi beberapa kelompok, salah satunya adalah cased-based learning. Hal ini menjadi pengetahuan baru dan sangat menarik untuk diterapkan di kelas dalam konteks riil. Prof. Handoyo pun menyuruh para peserta untuk membuat projek dalam kelompok tentang penelitian tindakan kelas yang bisa diterapkan di kelas.

Ibu Dian Octaviani, S.Pd dan ibu Fatimah, S.Pd.,M.M. berada di satu kelompok dan membuat cased-based learning tentang cross cultural understanding. Kemudian, setiap kelompok diminta mempresentasikan hasil karya mereka. Menurut Prof. Handoyo, garis besar dari penelitian ini dapat dituliskan dan kemudian di masukan ke dalam jurnal ilmiah sehingga akan lebih bermanfaat dan tersebar di masyarakat luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *