Selasa, 11 Juni 2024 menjadi tanda secara resmi siswa-siswi kelas XII SMA Islam Diponegoro Surakarta mengakhiri statusnya sebagai pelajar. Tahun ini juga merupakan tahun pertama bagi SMA Islam Diponegoro Surakarta untuk meluluskan siswa putranya. Tentu saja, hal ini menjadi hal yang membanggakan sekaligus penuh haru. Ada 35 siswi-siswi kelas XII yang diwisuda pada kesempatan hari ini. Mereka terdiri dari 21 siswi putri dan 14 siswa putra, baik IPA maupun IPS.

Pada kesempatan kali ini banyak sekali kejutan yang ditampilkan. Pertama, MC pada akhirussanah kali ini menggunakan 3 bahasa yang dibawakan oleh siswi-siswi kelas X dan XI. Fatimah Amiroh dari kelas XI P.2.2. membawakan MC dalam bahasa Indonesia, Aisyah dari kelas X.2 yang membawakan acara dalam bahasa Inggris, dan Naura Fatimah dari kelas XI P.2.2. membawakan acara dalam bahasa Arab.

Akhirussanah kali ini diawali dengan kirab wisudawan dan wisudawati yang diiringi oleh tim parade putra SMA Islam Diponegoro Surakarta. Acara menjadi apik dan menarik untuk disimak karena kekompakan yang ditampilkan. Setelah itu, semua yang hadir menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars YPID. Tidaklah lengkap bila tidak ada pembacaan ayat suci Alquran dan sari tilawah dalam kegiatan kali ini. Pembacaan ayat suci Alquran dan sari tilawah dibawakan oleh Ahmad Zulfikar dan Lutfi Kurniawan dari kelas X.1. Kemudian, disampaikanlah beberapa sambutan, mulai dari sambutan ketua panitia akhirussanah 2024 ini yaitu ibu Mega Nusantara Putri, S.Pd, kepala sekolah SMA Islam Diponegoro Surakarta, bapak Ahmadi, S.Pd., direktur sekolah-sekolah Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro Surakarta, bapak Fikri Nahdi, S.T. Tak lupa, pengawas sekolah Cabdin VII kota Surakarta, bapak Abdul Munif, S.Pd.,M.Hum. juga turut hadir dan menyampaikan sambutannya.

Momen terpenting dalam pagelaran akhirussanah kali ini adalah pengalungan samir dan penyerahan ijazah bagi siswi-siswi kelas XII. Ibu Fatimah Farchana, S.Pd selaku wakil kepala sekolah bidang kurikulum memberikan berbagai apresiasi dan peringkat baik dalam ujian sekolah maupun dalam pembelajaran sehari-hari di sekolah. Pengalungan samir dan penyerahan ijazah juga dilaksanakan oleh kepala sekolah SMA Islam Diponegoro Surakarta yang di dampingi wali kelas masing-masing.

Berbagai tampilan menarik dari siswa-siswi mulai dari kelas X-XII juga menjadi sorotan utama pada kesempatan kali ini. Pertama, ada hadroh yang dilantunkan oleh siswa-siswa kelas X dan XI putra. Selain itu, tari saman menjadi momen yang sangat seru untuk disimak dari tampilan kelas XI putri. Kemudian, ditampilkan pula drama musikal dari siswi-siswi kelas X. 2. Tak lupa, tentu saja kelas XII, sang bintang pada hari ini, juga menampilkan video-video kenangan mereka. Sunguh sangat seru menyaksikan semua pertunjukan hari ini.

 

Ibu Oktaviana Wulandari, S.Mat, selaku wakil kepala sekolah bidang kesiswaan,  juga memberika berbagai apresiasi terkait eksul unggulan yang telah diikuti oleh para siswa. Selain sertifikat, para siswa juga menampilkan hasil karya mereka selama mengikuti eksul unggulan yang  ada di SMA Islam Diponegoro Surakarta. Misalnya, ditampilkan jilbab “Mirea” karya siswi-siswi yang mengikuti eksul tata busana. Selain itu, ditampilkan pula video hasil para siswa yang mengikuti eksul multimedia. Diumumkan pula berbagai prestasi siswa-siswi SMA Islam Diponegoro Surakarta selama semester ini. Tak lupa, sekolah juga menyampaikan berbagai apresiasi bagi para siswa dari polling yang diisi para guru beberapa hari sebelumnya untuk memilih kriteria siswa “ter-“, seperti ter-rajin, ter-rapi, dsb. Terakhir, acara diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Ustaz Yusuf Haikal.

Alhamdulilah, acara Akhirussanah 2024 kali ini berjalan dengan lancar dan sukses. Semoga seluruh siswa yang diwisuda dapat terus membanggakan dan dapat berprestasi dalam kehidupan kedepan. Selamat bagi siswa-siswi kelas XII SMA Islam Diponegoro Surakarta yang diwisuda kali ini. Semangat untuk meraih sukses kedepan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Explore More

UJIAN TASHIH UMMI BAGI 30 SISWA-SISWI SMA ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA

0 Comments 0 tags

Al qur’an adalah lentera dan jalan hidup umat muslim. Sebagai sekolah Islam, SMA Islam Diponegoro Surakarta tentu saja sangat memperhatikan penguasaan Al qur’an para warga sekolahnya. Selain adanya tadarus Al

SISWA SMA ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA KEMBALI MENGUKIR PRESTASI DI BIDANG POSTER DAN VIDEO ANTI BULLYING

0 Comments 0 tags

Alhamdulillah, satu lagi prestasi diukir oleh siswa SMA Islam Diponegoro Surakarta, Yusuf Zaki Abdat (X Putra) yang berhasil meraih Juara 1 Kompetisi Poster dan Video dengan tema stop bullying, spread

SMA Islam Diponegoro Surakarta menyambut Tahun Baru Islam 1444 Hijriah

0 Comments 0 tags

Bertepatan dengan pergantian tahun baru Islam, OSIS SMA Islam Diponegoro menginisiasi penyelenggaraan acara peringatan tahun baru Islam 1444 Hijriyah dengan mengadakan kajian Ilmu