SMA Islam Diponegoro Surakarta yang menjadi sekolah penggerak terus aktif mengembangkan kemampuan para guru untuk terus belajar, berkembang, dan berimbas bagi sesama demi kemajuan pendidikan nasional.Salah satu hal yang rutin dilakukan oleh SMA Islam Diponegoro Surakarta adalah melakukan berbagi praktik baik. Berbagi praktik baik ini diharapkan akan emnularkan ilmu dan pengalaman yang dimiliki oleh seorang atau sekelompok guru untuk ditularkan kepada guru yang lain sehingga dapat diadopsi dan disesuaikan untuk diimplementasikan ke dalam pembelajaran lainnya.

Selasa, 4 Juni 2024, ibu Astin Putri Setyowati, S.Pd., ibu Astin Putri Setyowati, S.Pd.,selaku guru biologi di SMA Islam Diponegoro Surakarta, mengadakan praktik pembelajaran teman sejawat pada pembelajarannya di kelas XI putri. Ia menggunakan aplikasi Kahoot!  untuk membuat quiz di kelas. Quiz ini digunakan untuk menguji pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan sebelumnya, yaitu sistem pernafasan pada manusia. Para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini karena mereka harus mampu menjawab dengan benar dan tepat karena terdapat timer untuk mereka menjawab. Para siswa sangat senang karena menggunakan aplikasi baru yang menarik dan atraktif. Selain dihadiri para siswa, ada beberapa guru yang ikut di dalam kelas untuk melihat cara pengajaran biologi kali ini yang diharapkan akan membuka cakrawala baru bagi para guru yang hadir tentang cara memanfaatkan teknologi dan informasi di dalam pembelajaran di kelas.

Pada hari Rabu, 5 Juni 2024, juga diagendakan untuk berbagi praktik baik disekolah dengan narasumber ibu Astin Putri Setyowati, S.Pd., selaku guru biologi di SMA Islam Diponegoro Surakarta dan bapak Ahmadi, S.Pd, selaku kepala sekolah di SMA Islam Diponegoro Surakarta. Acara diawali dengan penyampaian informasi umum dari kepala sekolah yang disusul dengan narasumber 1, yaitu ibu Astin Putri Setyowati, S.Pd.  Ibu Astin menyampaikan cara penggunaan aplikasi Kahoot! Untuk quiz di kelas dan langkah-langkah penggunaannya pada para guru. Selain itu, semua guru juga diminta untuk mengikuti quiz di Kahoot! Yang telah dibuat sehingga memberikan pengalaman langsung bagi para guru sebelum menggunakannya dlaam pebelajaranan. Bagi para guru, aplikasi Kahoot! Ini sangat bermanfaat karena mudah, cepat, dan menarik untuk digunakan serta terdapat fitur yang lengkap dan sistem scroring yang real time sehingga sangat menghemat waktu unutk mengoreksi quiz siswa jika dibandingkan dengan sistem quiz yang manual.

Setelah itu, bapak Ahmadi, S.Pd., selaku narasumber kedua, menyampaikan tugas assessmennya yang telah di upload di platform Merdeka Mengajar.Platform Merdeka Mengajar ini diharapkan akan menjadi sumber informasi yang baik untuk setiap guru yang ada di Indonesia. Platform ini sendiri bertujuan untuk berbagi sistem dan cara pengajaran yang menarik untuk setiap guru sehingga dapat dilihat dan diadaptasi oleh guru lain di Indonesia. SMA Islam Diponegoro Surakarta berharap bahwa semua guru bisa memanfaatkannya dengan baik sehingga akan berdampak untuk pembelajaran mereka kedepan.

Demikian hasil berbagi praktik baik yang rutin di lakukan oleh SMA Islam Diponegoro Surakarta. Diharapkan, setiap guru nantinya akan mampu menularkan ilmu dan pengalamannya dengan yang lain sehingga akan bermanfaat untuk kemajuan pendidikan di sekolah.

 

Dokumentasi:

Pembelajaran teman sejawat: https://drive.google.com/drive/folders/1x58li4JEhvv3znOG-POStkXOXHlrkdna

Bebagi praktik baik: https://drive.google.com/drive/folders/1yZbfqTY_uI2KC3t0GxfMKsuQcKZH1W9o

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Explore More

PENERIMAAN HASIL BELAJAR TENGAH SEMESTER GENAP KELAS X DAN XI SMA ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA

0 Comments 0 tags

Sabtu, 4 Mei 2024 merupakan hari yang menegangkan bagi siswa-siswi kelas X dan XI SMA Islam Diponegoro Surakarta. Pasalnya, hari ini orang tua mereka akan menerima hasil belajar tengah semester

OSIS SMA Islam Diponegoro Surakarta Sukses Gelar Latihan Dasar Kepemimpinan di Pusdiktop

0 Comments 0 tags

Surakarta, 6 Januari 2024, Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA Islam Diponegoro Surakarta sukses menyelenggarakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) di Primkopad D-12 Pusat Pendidikan Topografi (Pusdiktop) yang terletak di

Pembagian LHBPD Semester Genap Siswa-Siswi Kelas X dan XI SMA Islam Diponegoro Surakarta

0 Comments 0 tags

Sabtu,22 Juni 2024, para guru dan karyawan SMA Islam Diponegoro Surakarta telah bersiap untuk menyambut orang tua/wali siswa-siswi SMA Islam Diponegoro Surakarta untuk membagikan hasil belajar siswa selama semester genap