Sabtu, 6 Januari 2024 sekolah mengadakan Program Motivasi dan Penguatan Siswa untuk Sukses kuliah, baik melalui jalur Seleksi nasional Berbasis Prestasi (SNBP/Bebas Tes) dan Seleksi Nasional berbasis Tes (SNBT/UTBK).

Pada thun 2024 ini, SMA Islam Diponegoro Surakarta mendapatkan kuota 40% (untuk sekolah  terkareditasi A) dari seluruh siswa di kelas XII. Alhamdulillah, minat siswa untuk kuliah tahun ini meningkat, sehingga kuota 40%  untuk jalur non tes ini harus di seleksi berdasarkan nilai rapor terbaik siswa dari kelas X, XI dan XII mulai dari semester 1– 5.

Ibu Amalia Safitri, S.Psi. selaku guru BK di sekolah telah memberikan sosialiasi dan pendampingan kepada siswa sejak awal, agar siswa betul-betul mempersiapkan seleksi masuk perguruan tinggi ini dengan sebaik-baiknya. Mulai dari melihat capaian nilai siswa sejak semester 1-5, passing grade fakultas dan jurusan selama beberapa tahun terakhir serta bakat dan potensi siswa serta cita-cita yang diinginkan. Selain itu sekolah juga berkomitmen memberikan pendampingan dan fasilitasi mulai dari sosialiasi, pendafataran dan pemilihan jurusan hingga pengumuman. Bagi siswa yang masuk kuota 40% nilai tertingi di sekolah, maka berkesempatan mendapatar melalui jalur non tes/SNBP ini. Saat ini sekolah sudah merampungkan kuota siswa yang terpilih, dan diharapkan dengan motivasi dan penguatan serta pendampingan ini siswa akan bisa meraih sukses kuliah melalui jalur SNBP ini. Bagi siswa lain yang memang belum masuk kuota 40%, diharapkan tetap bersemangat dan mempersiapkan melalui jalut tes atau UTBK . Demikian papar bu Amalia.

Selain pendampingan oleh guru BK, pada kesempatan tersebut juga hadir Bapak Ahmadi, S.Pd selaku kepala sekolah untuk memberikan motivasi dan penguatan agar siswa mempersiapkan SNBP maupun SNBT/UTBK ini dengan sungguh-sungguh. Kerja keras dan kesungguhan adalah modal penting agar anak-anak bisa berhasil dengan baik, tentunya diiringi dengan usaha yang gigih dan berdoa kepada Alloh Subahanhu Wa Ta’ala agar diberikan kemudahan dan hasil yang terbaik. Selain itu, pak Ahmadi juga menyampaikan perlunya menahan diri atau Prehatin agar cita-cita anak-anak bisa terkabul. Banyak hal yang bisa dikerjakan oleh siswa sebagai bentuk ikhtiar agar dimudahkan hajatnya, banyak amalan-amalan ibadah yang bisa dikerjakan oleh siswa baik yang wajib maupun yang sunnah sebagai bentuk mendekatkan diri kepada Alloh serta meminta pertolongan atas cita-cita dan hajat yang diinginkan siswa. Ikhtiar dhohir dengan belajar giat juga dilakukan, ikhtiar langit dengan memperbanyak amal sholeh juga dikuatkan, demikian papar Ahmadi.

Selain program-progam di atas, sekolah juga telah memberikan layanan pendampingan khusus kepada siswa yang akan kuliah ini melalui Bimbingan UTBK sejak awal semester gasal. Bahkan sejak tahun ini, sekolah juga sudah  memberikan penguatan UTBK sejak kelas X.  Sekolah memberikan penguatan Program Sukses UTBK meliputi materi Literasi, Numerasi dan Skolastik yang diberikan oleh Bapak Ibu guru Tim UTBK di sekolah. Aspek pendukung lainnya bahwa sekolah juga mengadakan Try Out /Latihan Uji Coba UTBK, baik dari internal sekolah maupun bekerjasama dengan pihak eksternal. Harapannya dengan usaha yang maksimal, serta didukung semangat serta kemauan anak yang kuat serta kolaborasi dengan pihak-pihak eksternal mitra sekolah  yang kompeten siswa akan meraih suksees menuju jenjang kuliah atau perguruan tinggi yang diharapkan bersama, Aamiin.

By. Tim Humas Sekolah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *