Al Qur’an  sebagai pedoman hidup setiap muslim tentu menjadi hal yang sangat diagungkan di SMA Islam Diponegoro Surakarta. SMA Islam Diponegoro Surakarta sangat memperhatikan pembelajaran Al Qur’an  ini dan menitikberatkan kefasihan dan ketepatan pelafalan Al Qur’an . Sekolah menggunakan metode UMMI untuk menyempurnarkan bacaan Al Qur’an  para siswanya.  Tujuan kegiatan ini adalah untuk menambah pengetahuan siswa mengenai cara pembacaan Al Qur’an menggunakan metode UMMI, memberikan pengalaman mengikuti seleksi calon guru Al Qur’an metode UMMI dan mendapatkan sertifikat sebagai pengajar Al Qur’an menggunakan metode UMMI. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Juma’t-Ahad, 26-28 Januari 2024 dari pukul 07.00-17.00 di SMA Islam Diponegoro Surakarta.

Sertifikasi ini dilaksanakan oleh 2 trainer dari UMMI korda Surakarta, yaitu Ustaz Wakhyudin, S. Pd dan Ustaz Joko Narimo, S. Pd. Sedangkan, peserta sertifikasi kali ini adalah 13 siswa putra dan 19 siswi putri SMA Isalm Diponegoro Surakarta. Para peserta ini adalah:

Siswa Putra :

  1. Muh. Khosyi (Kelas XII IPA 1)
  2. Muh. Rifki (Kelas XII IPA 1)
  3. Mohammad (Kelas XII IPS 1)
  4. Fajar Rifqi (Kelas XI P2)
  5. Hasan Nur R. (Kelas XI P1)
  6. Muh. Sofwan (Kelas XI P1)
  7. Muh. Muzafir (Kelas X 1)
  8. Ahmad Zulfikar (Kelas X 1)
  9. Affan Rafif (Kelas X 1)
  10. Muh. Hasan (Kelas X 1)
  11. Irfan Salim (Kelas X 1)
  12. Nizar (Kelas X 1)
  13. Muh. Ilham (Kelas XII IPS 1)

Siswa Putri :

  1. Aisyah Khoirunnisa (Kelas XII IPA 2)
  2. Karimah (Kelas XII IPA 2)
  3. Rania (Kelas XII IPA 2)
  4. Rumaisha (Kelas XII IPA 2)
  5. Sharifah Maryam (Kelas XII IPA 2)
  6. Yasmin Malica (Kelas XII IPA 2)
  7. Zulfa Nur Bahirah (Kelas XII IPA 2)
  8. Zaenab R. (Kelas XII IPA 2)
  9. Fat. Amiroh (Kelas XI P2 2)
  10. Fat. Ullya (Kelas XI P2 2)
  11. Muna Fairuz (Kelas XI P1 2)
  12. Naura Fatimah (Kelas XI P2 2)
  13. Najwa Nabila (Kelas XI P1 2)
  14. Haula Farah D. (Kelas XI P2 2)
  15. Maliyatu Zahro (Kelas X 2)
  16. Fatimah Nadia (Kelas X 2)
  17. Khadijah Chumaira (Kelas X 2)
  18. Aisyah (Kelas X 2)
  19. Fatimah (Kelas X 2)

Kegiatan Sertifikasi hari pertama diawali dengan pembukaan yang dihadiri oleh direktur Yayasan pendidikan Islam Diponegoro Surakarta, bapak Fikri Nahdi, S.T., kepala sekolah SMA Islam Diponegoro Surakarta, bapak Ahmadi, S.Pd, koordinator Al Qur’an YPID, Ustaz Abdul Rozaq, S.Pd, dan kedua trainer UMMI korda Surakarta, Ustaz Wakhyudin dan Ustaz Joko Narimo. Kemudian, para trianer menjelaskan visi, misi, dan pengantar metodologi UMMI. Masing dengan para trainer juga menjelaskan metodologi UMMI jilid 1-3 serta microteaching di hari pertama ini. Diharapkan dengan adanya pelatihan sebelum pelaksanaan sertifikasi ini, para peserta sertifikasi in menjadi lebih siap dan memahami metodologi penggunaan metode UMMI dengan baik sehingga dapat menjadi pengajar profesional Al qur’an kedepan. Diharapkan, kegiatan ini akan bermanfaat bagi para peserta sehingga dapat mengamalkan ilmunya kedepan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *