Beberapa hari ini, SMA Islam Diponegoro Surakarta sibuk mempersiapkan berbagai dokumen administrasi sekolah. Hal ini dimaksudkan untuk mempersiapkan diri menyambut kehadiran tamu dari luar. Tamu tersebut hadir pada Rabu, 7 Februari 2024. Maksud kedatangan mereka ke SMA Islam Diponegoro Surakarta ini adalah untuk melakukan penilai prestasi kinerja kepala sekolah (PPKKS) saat ini, yaitu bapak Ahmadi, S.Pd. Ada dua tamu yang hadir dalam kegiatan ini, yaitu: bapak Sigit Wahana, S.Pd.  Beliau adalah pengawas Cabang Dinas wilayah 7 Provinsi Jawa Tengah. Yang kedua adalah bapak Abdul Munif, S.Pd.,M.Hum yang merupakan pengawas SMA cabang dinas wilayah 7 provinsi Jawa Tengah.

Persiapan pelaksanaan kegiatan ini telah dilakukan beberapa hari sebelumnya oleh semua guru SMA Islam Diponegoro Surakarta. Dipilih pula tim inti kegiatan ini untuk membantu selama proses penilaian ini berlangsung. Tim inti dari kegiatan ini adalah:

  1. Bapak Ahmadi, S.Pd.
  2. Ibu Fatimah Farchana, S.Pd.
  3. Ibu Oktaviana Wulandari, S.Mat
  4. Ibu Soelistyowati, S.Pd.
  5. Ibu Dian Octaviani,S.Pd.
  6. Ibu Amalia Safitri, S.Psi
  7. Bapak Cahya Sukma Baiti Arniwa, S.Pd

Ada 8 standard nasional pendidikan yang dinilai pada kegiatan ini, yaitu: standard isi, proses, penilaian, kelulusan, sarana prasarana, pengelolaan dan pembiayaan. Seluruh administrasi disiapkan dengan lengkap dan rapih agar mudah ditinjau oleh para tim penilai.

Ditengah-tegah penilaian, SMA Islam Diponegoro Surakarta juga menunjukan ketrampilan yang dimiliki siswa-siswinya. Hal ini dibuktikan dengan disuguhkannya risol mayo dan fruit in jar hasil karya siswa-siswi SMA Islam Diponegoro Surakarta ketika kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema kewirausahaan kemarin. Makanan ini dicoba langsung oleh tim penilai dan mereka sangat mengapresiasi dan mengatakan bahwa produk ini enak, kreatif, dan sangat layak jual. Hal ini menjadi bukti bahwa kegiatan P5 yang telah berlangsung ini benar-benar memberikan ketrampilan yang dibutuhkan sehingga diharapka para siswa akan mampu bersaing di masyarakat kedepan.

Alhamdulilah, secara keseluruhan, tanggapan dari tim penilai adalah kinerja kepala sekolah SMA Islam Diponegoro Surakarta sudah sangat baik. Terbukti dari kelengkapan administrasi dan berbagai persyaratan yang diminta telah di penuhi dengan sangat baik. Hal ini menunjukan bahwa kepala sekolah mampu menggerakan seluruh warga sekolahnya untuk meningkatkan kinerja dan layanan sekolah secara menyeluruh bersama-sama. Diharapkan kegiatan ini bisa menjadi cambuk motivasi bagi seluruh warga sekolah, khususnya bagi kepala sekolah, untuk terus meningkatkan mutu dan layanan sekolah kedepan.

Akses foto selengkapnya disini: https://drive.google.com/drive/folders/1sSm76Yfv9Eu9H8xr-nmlQerznXDR5b3o

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *