Literasi menjadi titik penting agar setiap individu semakin berpengatuhan dan tidak ketinggalan zaman. SMA Islam Diponegoro Surakarta sebagai salah satu sekolah pegiat literasi juga sangat peduli akan hal ini tentunya. Oleh karena itu, SMA Islam Diponegoro Surakarta mengadakan kegiatan diferensiasi literasi untuk meningkatkan literasi siswa. Kegiatan diferensiasi literasi ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 9 Desember 2023. Setiap siswa diminta untuk membuat karya hasil interpretasi dari buku yang dibaca. Karya tersebut dapat berupa puisi, pantun, komik, infografis, resensi, dan lain sebagainya sesuai bakat dan minat setiap siswa.

Buku yang dibaca siswa sangatlah beragam, dari novel romansa, cerita horror, hingga komik sci-fi. Kebanyakan para siswa membawa buku yang mereka mmiliki dari rumah, ada pula yang menggunakan ebook, atau ingin meminjam perpustakaan sekolah pun diperbolehkan. Mereka sangat antusias untuk menyalurkan keinginan membacanya karena membuka cakrawala baru. Setiap siswa nanti harus mengunggah hasil karya interpretasi dari bacaan tersebut ke link yang telah disediakan. Nantinya, beberapa karya terbaik akan dipilih dan di tampilkan di website sekolah.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan setiap siswa diharapkan mau meluangkan waktunya untuk terus membaca sehingga pijar cahaya kecerdasan terus menerangi pikiran mereka. Seyogyanya, literasi bukan hanya tentang seberapa banyak buku yang terbaca, nanum memahami makna secara menyeluruhlah yang menjadi poin penting disini. SMA Islam Diponegoro Surakarta juga ingin terus berusaha agar kemampuan literasi siswa ini bisa terus diasah.

One thought on “DIFERENSIASI LITERASI DI SMA ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *