Pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS adalah salah satu momen yang paling dinanti-nanitkan oleh seluruh siswa-siswi SMA Islam Diponegoro Surakarta. Tahun ini, sekolah mengadakan pemilu langsung pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS masa bakti 2022/2023. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 2022.

Seluruh siswa putra maupun putri berkumpul pukul 7 pagi di aula gedung Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro Surakarta untuk terlibat langsung dalam acara puncak pemilu OSIS kali ini. Ada 5 pasang calon ketua dan wakil ketua OSIS SMA Islam Diponegoro Surakarta perido 2022/2023 yang terdiri dari 3 pasangan calon putra dan 2 pasangan calon putri. Mereka adalah:

Putra:

  1. Muhammad Anis (XI IPA)- Muhamad Rifky Dharmawan (XI IPA)
  2. Muhammad Sofwan (X Putra)- Hasan Jadid (XI IPA)
  3. Mohammad (XI IPS)- Hasan Nur Rosyid (X Putra)

Putri:

  1. Khadijah Wafa (XI IPS)- Nura Hasyimia (X Putri)
  2. Azzahra Thalita (XI IPA)- Luluk N. (X Putri)

Acara ini diawali dengan pembacaan wirul latif bersama yang disusul dengan sambutan yang disampaikan oleh ketua OSIS peridoe 2021/2022, Fatimah Syahira (XII IPA). Ia menyampaikan bahwa menjadi ketua OSIS adalah salah satu hal berharga yang ia dapatkan selama berada di sekolah ini karena membuka banyak pengetahuan dan pengalaman serta melatih jiwa kepemimpinannya. Syahira juga memberikan tips untuk para pasangan calon untuk berpegang teguh dengan visi-misi yang sudah mereka rumuskan sehingga kepemimpinan mereka memiliki tujuan yang terarah.

Setelah sambutan dari ketua OSIS, Kepala sekolah SMA Islam Diponegoro Surakarta, bapak Ahmadi, S.Pd juga menyampaikan sambutannya dan memberi semangat untuk memilih pemimpin dan mengingatkan mereka jika melakukan beberapa kesalahan, karena kita semua adalah manusia yang tak luput dari salah dan lupa.

Setelah sambutan dari bapak kepala sekolah, acara dipandu oleh 2 moderator handal kita, bapak Zakaria Sandy Pamungkas, M.Pd. dan Najwa Khanan (XII IPS). Seluruh pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIS naik ke panggung untuk menyampaikan visi-misi mereka. Di tengah acara, bapak Fikri Nahdi, S.T. selaku direktur Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro Surakarta juga menyempatkan hadir dan memberikan motivasi dan sambutannya sebentar. Beliau membagikan pengalaman berorganisainya dan berbagai keuntungan yang beliau dapatkan dengan terlibat aktif dalam organisasi. Selain itu, pak Fikri juga mengusulkan untuk mengadakan e-voting dalam pemilu OSIS kedepan. Ini adalah gagasan brilian yang dapat mengefektifkan dan mengefisiensi acara pemilihan OSIS dalam segala hal, dari waktu, kertas, dan perangkat pemilu lainya.

Acara dilanjutkan dengan debat calon ketua dan wakil ketua OSIS dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan moderator dan para hadirin. Para pasangan calon saling berdiksusi dalam menjawab pertanyaan tersebut agar meyakinkan para calon pemilih mereka.

Setelah itu, perwakilan OSIS, Geraldine (XII IPA) mendemonstrasikan cara pemilihan menggunakan surat suara yang disediakan sehingga tidak terjadi surat suara tidak sah. Seluruh hadirin mendengarkan dengan seksama dan khidmat.

Acara yang paling dinanti pun akhirnya tiba, yaitu pemungutan suara. Pemungutan suara diawali dari para guru dan karyawan SMA yang disusul oleh keenam kandidat pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIS. Kemudian diadakan sesi foto bersama dengan menunjukan jari yang sudah diberi tinta sebagai penanda telah melakukan pemilihan.

Pencoblosan berikutnya dilakukan oleh anak-anak kelas XII di kotak pilih selatan, sedangan di kota pilih utara, anak-anak kelas X putra yang melakukan pemilihan. Setelah itu, anak-anak X putri dan XI putra juga melakukan pemilihan dany ang terakhir kelas XI putri.

Setelah semua guru, karyawan, dan siswa-siswi SMA Islam Diponegoro Surakarta melakukan pemilihan, saatnya perhitungan suara. Perwakilan dari OSIS memandu perhitungan suara kali ini karena pemilu OSIS ini tetap berlandaskan asas LUBER JURDIL. Setelah semua surat suara dihitung, berikut hasilnya:

Putra:

  1. Muhammad Anis (XI IPA)- Muhamad Rifky Dharmawan (XI IPA) (7 suara)
  2. Muhammad Sofwan (X Putra)- Hasan Jadid (XI IPA) (45 suara)
  3. Mohammad (XI IPS)- Hasan Nur Rosyid (X Putra) (48 suara)

Putri:

  1. Khadijah Wafa (XI IPS)- Nura Hasyimia (X Putri) (72 suara)
  2. Azzahra Thalita (XI IPA)- Luluk N. (X Putri) (20 suara)

Dengan perolehan hasil suara ini, maka resmi ditetapkan ketua dan wakil ketua OSIS SMA Islam Diponegoro Surakarta putra peridoe 2022/2023 adalah Mohammad (XI IPS)- Hasan Nur Rosyid (X Putra), dan untuk yang putri adalah Khadijah Wafa (XI IPS)- Nura Hasyimia (X Putri). Selamat kepada para pemimpin OSIS baru kita, semoga kedepannya dapat membuat program-program yang bermanfaat untuk kemajuan bersama.

Ketua dan wakil ketua OSIS baru ini pun memberikan pidato pertama mereka di depan seluruh warga sekolah sebgaai apresiasi, ucapan terima kasih, dan kesiapan terhadap tanggaung jawab baru yang mereka emban untuk 1 tahun kedepan. Alhamdulilah, acara pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS tahun ini pun berjalan dengan lancar.

(Ditulis oleh: Tamy_Humas SMA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Explore More

SMA Islam Diponegoro Surakarta menyambut Tahun Baru Islam 1444 Hijriah

0 Comments 0 tags

Bertepatan dengan pergantian tahun baru Islam, OSIS SMA Islam Diponegoro menginisiasi penyelenggaraan acara peringatan tahun baru Islam 1444 Hijriyah dengan mengadakan kajian Ilmu

Hooray!!! Prestasi Gemilang Tim Basket SMA Islam Diponegoro Surakarta

0 Comments 0 tags

Alhamdulillah, kabar gembira kembali menyelimuti keluarga besar Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro Surakarta. Tim Basket SMA Islam Diponegoro Surakarta A yang terdiri dari Ahmad Sungkar (XI IPS 1), M Ilham Hafidz (XI

LDK OSIS TAHUN 2022 dengan Tema “Membentuk Generasi Pemimpin yang Disiplin, Cerdas, Bertanggung Jawab, dan Berakhlak Mulia”

0 Comments 0 tags

                                           Setelah demokrasi pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS masa jabatan 2022/2023 yang dilaksanakan 16 Agustus 2022 kemarin, latihan dasar kepemimpinan menjadi program pertama yang dilakukan oleh para anggota