Sejak 2021, pemerintah menetapkan Assessmen Nasional Berbasis Komputer sebagai bentuk evaluasi untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Asesmen Nasional terdiri dari tiga instrumen, yaitu:

  • Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid. Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia dan untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat. Sedangkan, numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.
  • Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid.
  • Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

ANBK kali ini dilaksanakan pada tanggal 29-30 Agustus 2022 yang diperuntukan untuk anak-anak kelas XI baik putra maupun putri. ANBK ini dilaksanakan di Lab Komputer SMA Islam Diponegoro Putri. ANBK ini dilaksanakan secara langsung dan berskala nasional yang terknoneksi dengan server sekolah dan pusat melalui data siswa di Dapodik Sekolah.

Kegiatan ANBK hari pertama dilaksanakan pada senin, 29 Agustus 2022. Kelas XI IPS melaksanakan ujian literasi dan survei karakter pada pukul 07.00-09.30. Sedangkan, untuk kelas XI MIPA mulai mengerjakan dari pukul 10.00-12.30. Untuk hari kedua, pelaksanaan ANBK dilakukan oleh kelas XI MIPA terlebih dahulu untuk ujian numerasi dan survei lingkungan. Mereka mulai mengerjakan ada pukul 07.00 hingga 09.30 yang setelah itu di susul oleh kelas XI IPS untuk mengikuti ujian yang sama. Pengawas ANBK ini pun menggunakan pengawas dari luar, yaitu dari SMA Muhammadiyah 1.

Alhamdulilah kegiatan ini berjalan dengan sukses dan lancar. Semoga seluruh siswa dapat mendapatkan hasil terbaik untuk mencapai prestasi gemilang kedepan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *