Pada tanggal 17 Agustus 2022 pukul 7 pagi, seluruh anggota Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro Surakarta dari kantor yayasan, SMP, dan SMA, telah memadati lapangan kampus 1 Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro Surakarta untuk mengikuti upacara bendera memperingati HUT RI ke-77. Seluruh guru, karyawan, dan siswa-siswi menggunakan seragam yayasan berwarna coklat kecuali para petugas upacara.

Upacara bendera dimulai pada pukul 07.30 yang ditandai dengan pembukaan oleh MC. Para pemimpin ploton yang terdiri dari beberapa siswa-siswi SMP dan SMA Islam Diponegroro Surakarta menyiapkan pasukannya. Komandan upacara kali ini adalah bapak Yudi Hartanto, S.Pd. (guru matematika SMP) sedangkan pemimpin upacaranya adalah direktur sekolah-sekolah Yayasan pendidikan Islam Diponegoro Surakarta, bapak Fikri Nahdi, S.T. yang didampingi oleh Muhammad Sofwan, siswa kelas X SMA Islam Diponegoro Surakarta. Komandan upacara melaporkan kepada pemimpin upacara bahwa upacara telah siap dilaksankan. Pemimpin upacara menginstruksikan untuk memulai upacara kali ini.

Tim pengibar bendera, yang sudah berlatih selamam beberapa hari ini dibawah pelatih pak Paino, memasuki lapangan upacara. Mereka terdiri dari siswa-siswa putra SMP Islam Diponegoro Surakarta dan para pengibar bendera yang terdiri dari 3 siswi kebanggaan SMA Islam Diponegoro Surakarta, yaitu: Fatimah Syahira (XII IPA), Najwa Ayusha (XI IPA), dan Nura Hasyimia (X Putri). Ketika Sang Saka Merah Putih dikibarkan, seluruh peserta upacara melakukan penghormatannya dengan penuh khidmat dan dengan diiringi lantunan lagu Indonesia Raya. Tim paduan suara juga terdiri dari para siswi SMA Islam Diponegoro Surakarta.

Setelah tim pengibar bendera kembali, pemimpin upacara membacakan teks Proklamasi Republik Indonesia yang dibacakan oleh Bung Karno 77 tahun yang lalu di Jakarta sebagai penanda kemerdekaan republik kita tercinta ini.

 

Acara selanjutnya, masih dibawah komando pemimpin upacara, adalah mengheningkan cipta untuk mengenang jasa-jasa pahlawan yang telah gugur demi mengabdikan dirinya untuk negara ini. Setelah itu, pemimpin upacara membacakan surat dari Wali Kota Surakarta, bapak Ghibran Rakabuming Raka. Pemimpin upacara juga menjelaskan perjuangan para pahlawan pendiri Yayaysan Pendidikan Islam Diponegoro Surakarta yang juga turut andil dalam kemerdekaan republik Indonesia. Betapa kita kini dapat hidup nyaman berkat jasa-jasa mereka yang membukakan jalan kemerdekaan.

Upacara dilanjutkan dengan pembacaan pembukaan UUD’45 oleh Luluk N., siswi kelas X Putri SMA Islam Diponegoro Surakarta yang dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh Ustaz Lukman. Upacara pun usai.

Meski upacara telah selesai, masih ada beberapa pengumuman penting yang dinanti-nantikan. Apalagi kalau bukan pengumuman pemenang lomba 17 Agustus yang telah dilakukan beberapa hari sebelumnya. Siswa-siswi pun sangat antusias dengan pengumuman ini.

 

 

 

Berikut para juara lomba peringatan 17 Agustus 2022 dari SMA Islam Diponegoro Surakarta:

  • Juara Lomba Putra:
  1. Lomba Olahraga

Lomba Basket:

Juara 1: Tim A (Ahmad Sungkar)

Juara 2: Tim B (Mohammad)

Lomba Volly:

Juara 1: Tim A (M. Ilham Hafidz)

Juara 2: Tim B (Zain Samy)

  1. Lomba permainan Outbond

Juara Estafet Karet: Kelas XI (Farhan Husyin)

Juara Balap Karung: Kelas XI (Rahmat Adi S)

Juara Memasukkan Paku dalam Botol: Kelas X (Hasan Nur R)

Juara Bakiak: Kelas XI (M Rifky D)

Juara Pecah Air: Kelas X (Sofwan Amir)

Juara Estafet Air: Kelas XI (Hasan Jadid)

Juara Tebak Gaya: Kelas X (Alifian Kautsar)

Juara Kata Berantai: Kelas X (Fajar)

  • Juara Lomba Putri:
  1. Lomba Outbond

Juara 1: Tim sinco

Juara 2: Tim SKM

Juara 3: Tim Wonder Women

  1. Lomba Debat

Juara: Kelas 12 IPA

Best Speaker: Syarifah Amira (XI IPA)

  • Juara Menghias Kelas

Juara 1: 12 IPS

Juara 2: 11 IPA Putra

Juara 3: 12 IPA

 

Setelah pengumuman pemenang lomba ini, ada juga pelepasan 2 tim basket SMA yang akan bertanding sore harinya di Jogjakarta. Semua ikut senang dan mendoakan kesuksesan perlombaan mereka ini.

 

(Ditulis oleh: Tamy_ Humas SMA).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Explore More

ACARA PUNCAK HARI PAHLAWAN DAN HARI GURU SMA ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA

0 Comments 0 tags

Sebagai rangkaian dari peringatan hari pahlawan dan hari guru 2022, SMA Islam Diponegoro Surakarta mengadakan acara puncak peringatan hari nasional ini di gedung Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro Surakarta. Para siswa,

SMA Islam Diponegoro Surakarta menyambut Tahun Baru Islam 1444 Hijriah

0 Comments 0 tags

Bertepatan dengan pergantian tahun baru Islam, OSIS SMA Islam Diponegoro menginisiasi penyelenggaraan acara peringatan tahun baru Islam 1444 Hijriyah dengan mengadakan kajian Ilmu

Peringatan Hari Pahlawan di Sekolah

0 Comments 0 tags

Kamis, 10 November 2022 merupakan hari pahlawan. SMA Islam Diponegoro Surakarta tak mau ketinggalan dalam memeriahkan hari bersejarah ini. Pada pukul 07.00 pagi seluruh siswa telah berkumpul dilapangan untuk mengikuti