Selasa, 20 Juni 2023 menjadi tanda secara resmi siswi-siswi kelas XII SMA Islam Diponegoro Surakarta mengakhiri statusnya sebagai pelajar. Tentu saja, hal ini menjadi hal yang membanggakan sekaligus penuh haru. Ada 22 siswi-siswi kelas XII yang diwisuda pada kesempatan hari ini. Mereka terdiri dari 11 siswi kelas XII IPA dan 11 siswi di kelas XII IPS.

Pada kesempatan kali ini banyak sekali kejutan yang ditampilkan. Pertama, MC pada akhirussanah kali ini menggunakan 3 bahasa yang dibawakan oleh siswi-siswi kelas X dan XI. Zulfa Nur Bahirah dari kelas XI IPA membawakan MC dalam bahasa Indonesia, Syarifah Amira dari kelas XI IPA yang membawakan acara dalam bahasa Inggris, dan Fatimah Amiroh dari kelas X membawakan acara dalam bahasa Arab.

 

Akhirussanah kali ini diawali dengan kirab wisudawati yang diirii oleh tim parade putra SMA Islam Diponegoro Surakarta. Acara menjadi apik dan menarik untuk disimak karena kekompakan yang ditampilkan. Setelah itu, semua yang hadir menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars YPID. Tidaklah lengkap bila tidak ada sari tilawah dalam kegiatan kali ini. sari tilawah diwakan oleh Muhammad Ilham dari kelas XI IPS Putra dan Fajar Rizki Hakim dari kelas X Putra. Kemudian, disampaikanlah beberapa sambutan, mulai dari sambutan ketua panitia akhirussanah 2023 ini yaitu ibu Octaviana Wulandari, S.Mat, kepala sekolah SMA Islam Diponegoro Surakarta, bapak Ahmadi, S.Pd., direktur sekolah-sekolah Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro Surakarta, bapak Fikri Nahdi, S.T. Tak lupa, ketua Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro Surakarta, bapak Abu Bakar Husei, S.T. juga turut hadir dan menyampaikan apresiasi terhadap acara ini.

Berbagai tampilan menarik dari siswi-siswi mulai dari kelas X-XII juga menjadi sorotan utama pada kesempatan kali ini. ada drama dari siswi-siswi kelas XI putri tentang perjuangan perempuan dalam merengkuh pendidikan yang layak. Ditampilkan pula puisi dalam bahsa Inggris dengan tema “The World” oleh  Zulfa Nur Bahirah dari kelas XI IPA putri. Selain itu, tari saman menjadi momen yang sangat seru unutk disimak dari tampilan kelas X putri. Tak lupa, tentu saja kelas XII, sang bintang pada hari ini, juga menampilkan nyanyian penuh kenangan serta video-video kenangan mereka. Sunguh sangat seru menyaksikan semua pertunjukan hari ini.

Momen terpenting dalam pagelaran akhirussanah kali ini adalah pengalungan samir dan penyerahan ijazah bagi siswi-siswi kelas XII. Ibu Fatimah Farchana, S.Pd selaku wakil kepala sekolah bidang kurikulum memberikan berbagai apresiasi dan peringkat baik dalam ujian sekolah maupun dalam pembelajaran sehari-hari di sekolah. Selain itu, diberikan pula apresiasi dan beasiswa dari STP Sahid selaku partner SMA Islam Diponegoro Surakarta dalam bidang eksul unggulan tata boga bagi para siswi dengan prestasi terbaik di bidang tersebut.

Semoga dengan adanya beasiswa ini dapat bermanfaat dan menjadi cambuk bagi para siswi untuk terus belajar meraih cita-citanya.

Bapak Zakaria Sandy Pamungkas, M.Pd juga memberika berbagai apresiasi terkait eksul unggulan yang telah diikuti oleh para siswi. Selain sertifikat, para siswi juga menampilkan hasil karya mereka selama mengikuti eksul unggulan yang  ada di SMA Islam Diponegoro Surakarta. Misalnya, ditampilkan peragaan kebaya hasil desian dan jahitan siswi-siswi yang mengikuti eksul tata busana.

Selain itu, ditampilkan pula video hasil para siswi yang mengikuti eksul multimedia. Tak lupa, bapak Zakaria juga menyampaikan berbagai apresiasi bagi 11 siswi yang dinilai memiliki nilai lebih dan semangat juang selama mengikuti pembelajaran di SMA Islam Diponegoro Surakarta, misalnya apresiasi bagi yang tak pernah datang terlambat, yang paling sering mengikuti kegiatan baik internal maupun eksternal sekolah, dan yang paling mencengangkan adalah bagi siswi yang tiba-tiba meminta untuk ikut lomba agar bisa se berprestasi bapak Zakaria Sandy Pamungkas, M.Pd. Tentu saja hal ini menjadi perhatian menarik. Akhirnya, Nadyah dari kelas XII IPA menyampaikan betapa berterimakasihnya ia dengan SMA Islam Diponegoro Surakarta yang telah membuatnya akhirnya berani untuk melaju ke berbagai ajang perlombaan dan meraih berbagai prestasi yang menmbanggakan. Tentu saja ini menjadi motivasi dan inspirasi tersendiri bagi seluruh warga SMA Islam Diponegoro Surakarta.

Terakhir, acara diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Ustaz Aziz Muslim.

Alhamdulilah, acara Akhirussanah 2023 kali ini berjalan dengan lancar dan sukses. Semoga seluruh siswi yang diwisuda dapat terus membanggakan dan dapat berprestasi dalam kehidupan kedepan. Terakhir, seperti kutipan yang disampaikan bapak Ahmadi, S.Pd. dalam sambutannya yaitu “Kabari kami selalu dengan kesuksesan kalian.” Selamat bagi siswi-siswi yang diwisuda kali ini. semangat untuk meraih sukses kedepan.

Galeri lengkap dokumentasi acara:

https://drive.google.com/drive/folders/11G6Xp5830CXdc3_sQeGyeOPRpg_iBfO7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *