SMA Islam Diponegoro Surakarta tak pernah lelah untuk berkembang. Setiap ada kesempatan untuk mengembangkan diri, baik bagi sekolah maupun guru itu sendiri, sekolah selalu mendukung penuh. Tak heran, pada liburan sekolah kemarin, guru dan karyawan SMA Islam Diponegoro Surakarta mengikuti kegiatan in house training implementasi kurikulum merdeka. Ruh dari kurikulum merdeka ini adalah di pembelajaran terdiferensiasi dan assessmen proyek tersebut. In house training ini dilaksanakan selama 3 hari, yaitu Senin, Selasa, dan Jumat, tanggal 10, 11, dan 14 Juli 2023. Lokasi training ini di gedung putri SMA Islam Diponegoro Surakarta.

Training hari pertama dibuka oleh kepala sekolah SMA Islam Diponegoro Surakarta. Kemudian, training ini dlaksanakan dengan mengundang dua pembicara dari luar yang membagikan praktek baik pembelajaran terdiferensiasinya di sekolah. Kedua pembicara terebut adalah bapak Taufiq dan Bapak Ilham dari SMA AL-Islam 1 yang merupakan sekolah penggerak angkatan pertama. Guru-guru SMA Islam Diponegoro Surakarta aktif bertanya selama acara berlangsung. Selanjutnya, ibu Fatimah Farchana, S.Pd sebagai guru penggerak sekolah membagikan ilmunya bagi guru-guru SMA Islam Diponegoro Surakarta.

Keesokan harinya, tepatnya Selasa, 11 Juli 2023, dilaksanakan IHT hari kedua. Pembicara kali ini adalah tiga guru inspiratif SMA Islam Diponegoro Surakarta, yaitu bapak Zakaria Sandy Pamungkas, M.Pd., ibu Ricka Intan Setyani, S.Pd., dan ibu Fatimah Farchana, S.Pd. mereka bertiga menjelaskan tentang pembelajaran terdiferensiasi yang telah mereka laksanakan dan tentang cara membuat proyek P5. Beliau bertiga menjadi tim PKP karena SMA Islam Diponegoro Surakarta telah menjadi sekolah penggerak angkatan kedua. Banyak hal menarik yang disampaikan seperti tes VARK yang dapat memetakan cara belajar siswa. Selain itu, digunakan pula menti meter untuk mendata dengan cepat hasil jawaban guru dalam refleksi proyek P5 yang selama ini telah dilaksanakan.

Dihari ketiga, IHT kali ini dihadiri oleh direktur Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro Surakarta, bapak Fikri Nahdi, S.T., unutk memotivasi kegiatan ini dan tentu saja menguatkan para guru untuk lebih semangat dalam melaksanakan tugas mengajar di tahun ajaran 20232024 nanti. Setelah itu, jajaran manajemen sekolah juga menyampaikan tugas dan tanggung jawab setiap guru. Bapak Ahmadi, S.Pd selaku kepala sekolah SMA Islam Diponegoro Surakarta menyampaikan program kerjanya selama satu tahun kedepan. Selain itu,  ibu Fatimah Farchana, S.Pd sebagai wakil kepala sekolah bidang kurikulum menyampaikan tugas mengajar guru beserta perlengkapan mengajar yang diperlukan. Setelah itu, ibu Ricka Intan Setyani, S.Pd juga menyampaikan program kesiswaan selama satu tahun kedepan sehingga setiap guru siap dalam menjalankan tugasnya.

Akhirnya, in house training ini diharapkan dapat meningkatkan kapabilitas setiap guru sehingga akan meningkatkan ketrampilan mengajar mereka ke depan. Hal ini tentu saja akan sangat berpengaruh juga dalam proses belajar mengajar kedepan.

More photos and videos:

IHT hari 1: https://drive.google.com/drive/folders/1J1YP3vsYwyka32_KEGdAmh31xU_KKUtP

IHT hari 2: https://drive.google.com/drive/folders/131qkwARbYkGM98M-Xe36twE4rH6kkD2U

IHT hari 3: https://drive.google.com/drive/folders/1kpUUFFMjGszPVIdo4mfKBimD-IUkTpvy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Explore More

ACARA PUNCAK HARI PAHLAWAN DAN HARI GURU SMA ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA

0 Comments 0 tags

Sebagai rangkaian dari peringatan hari pahlawan dan hari guru 2022, SMA Islam Diponegoro Surakarta mengadakan acara puncak peringatan hari nasional ini di gedung Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro Surakarta. Para siswa,

Kemenangan Tim Basket SMA Islam Diponegoro Surakarta di Liga Solo

0 Comments 0 tags

Pada tanggal 14 hingga 22 Desember 2022,liga solo divisi 2 yang disponsori oleh bank BJB, Pemerintah Kota Surakarta, Cold and Brew,ANTV, Rame, Ilufa, Counterpain, Solo Radio 92,9 FM, dan Sritex

Penyampaian Hasil Tes Diagnostik dan Konsultasi bersama Tim Psikolog PsikoAktif

0 Comments 0 tags

Menindaklanjuti pelaksanaan pemetaan potensi minat dan bakat (tes diagnostik) kelas X bersama psikolog PsikoAktif pada bulan lalu, SMA Islam Diponegoro Surakarta mengadakan pertemuan orang tua dan murid untuk bertemu dan