SMA Islam Diponegoro Surakarta kembali mengadakan kegiatan untuk mengasah kemandirian dan jiwa kepemimpinan siswa-siswinya. Kali ini, kegiatan diadakan khusus untuk siswa-siswi kelas X yang dilaksanakan dari tanggal 29-30 Januari 2023 untuk siswi putri, dan 30-31 Januari 2023 untuk siswa putra. Kegiatan ini disebut training camp yang dilakukan di Tawangmangu. Kegiatan ini memiliki 3 tujuan mulia, yaitu untuk menambah wawasan keilmuan siswa, meningkatkan motivasi siswa untuk belajar dan berkarya, dan mengenali dan mengoptimalkan bakat/potensi setiap siswa.

Pertama, siswi-siswi putri kelas X melakukan persiapan dan mengikuti pembukaan training camp di sekolah yang dipimpin oleh kepala sekolah SMA Islam Diponegoro Surakarta, bapak Ahmadi, S.Pd. Untu siswi-siswi putri, guru pendamping yang ikut kegiatan ini adalah: Ibu Himatul Aliyah, S.Pdi, ibu Astin Putri, S.Pd., bapak Ismail, S.Pd, dan Ustaz Aziz Muslim. Kemudian, mereka melakukan perjalanan ke Masjid Agung Karang Anyar untuk melihat keindahan arsitektur dan pemandangan masjid tersebut.  Perjalanan dilanjutkan menuju villa di Tawangmangu. Setelah beristirahat, para siswi diminta mengikuti pembekalan terkait presentasi produk P5 yang tengah mereka kerjakan. Kemudian, mereka berdiskusi terkait proyek P5 mereka yan nantinya akan dipresentasikan.  Setelha melakukan sholat asar, para siswi mengikuti kegiatan kepemimpinan yang diisi oleh ibu Himatul Aliyah, S.Pdi. Mereka sangat antusias mengikuti kegiatan ini karena merasa dibekali tentang soft skill yang penting bagi kehidupan kedepan. Selain itu, para siswi juga diminta melakukan beberapa penampilan, seperti tilawah, pidato 4 bahasa, nasyid, puisi, tahfiz quran, dan berbagai penampilan lainnya. MC pada kegiatan ini pun menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Arab untuk melatih kemampuan berbahasa asing mereka. Setiap siswi sangat antusias dalam menunjukan bakat mereka di hadapan teman-temannya ini. Setelah itu, mereka melaksanakan sholat maghrib berjamaah dan ada kultum kemudian di susul dengan makan malam. Setelah itu, setiap kelompok diminta melakukan presentasi progres proyek P5 mereka.

 

Keesokan harinya, para siswi melakukan sholat subuh berjamaah dan mendengarkan kultum yang disampaikan oleh Ustaz Aziz Muslim. Kemudian para siswi sarapan untuk mengisi perut guna  mengikuti kegiatan olah raga bersama dan outbond. Terakhir, di siang harinya, para siswi pulang ke Solo dengan mengendarai bus.

Ketika siswi-siswi kelas X SMA Islam Diponegoro pulang ke Solo, para siswa putra kelas X yang gantian berangkat untuk mengikuti kegiatan training camp ini. Kegiatan training camp untuk siswa putra ini dibimbing oleh bapak Zakaria Sandy Pamungkas, M.Pd, bapak Ismail, S.Pd, dan Ustaz Aziz Muslim. Mereka melakukan persiapan dan mengikuti pembukaan yang dipimpin oleh bapak Ahamadi, S.Pd. dan melakukan perjalanan ke Masjid Agung Karang Anyar yang kemudian melakukan perjalanan menuju villa di Tawangmangu. Sama seperti para siswi, para siswa putra juga diminta mengikuti kegiatan pembekalan dan diskusi terkait presentasi produk P5 yang sedang mereka kerjakan. Setelah itu, ada acara bermain paralayang bersama yang sangat mengasah adrenalin. Para siswa sangat antusias karena memberikan pengalaman tersendiri bagi mereka. Kemudian mereka beristirahat dan melaksanakan sholat bersama. Disore harinya, ada kegiatan pelatihan kepemimpinan yang disampaikan oleh bapak Zakaria Sandy Pamungkas, M.Pd yang disusul dengan kegiatan diskusi terkait presentasi proyek P5.

Kemudian, dengan berkelompok, mereka melakukan presentasi perkembangan presentasi rancangan produk P5 yang sangat hidup dan diwarnai adu pendapat antar kelompok sehingga melatih mereka berfikir kritis dan menyampaikan pendapat dengan baik dan sopan.

Keesokan harinya, para siswa melakukan sholat subuh berjamaah dan mengikuti kegiatan kultum. Setelah itu, mereka mengikuti kegiatan olah raga bersama dan outbond ringan sebelum akhirnya sarapan, mandi, dan bersiap untuk pulang.

                Kegiatan ini diharapkan dapat membekas di hati para siswa dan mampu menggali potensi mereka untuk menjadi pribadi yang mandiri, mampu beradaptasi, dan bernalar kritis dalam menghadapi kehidupan kedepan. Semoga kegiatan semacam ini bisa rutin dilakukan karena selain untuk merefresh pikiran para siswa, ternyata hal ini memberikan makna yang mendalam karena diisi dengan berbagai kegiatan bermanfaat lainnya.

Foto lengkap kegiatan:

Putra: https://drive.google.com/drive/folders/18fb9d8idgbnuvIwKltZCIywYhdD3aHpX?usp=share_link

Putri:

https://drive.google.com/drive/folders/1FXyDoQKXfsixMXKu3l6FQEQSu6AdtVHS?usp=sharing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *