Universitas Sebelas Maret Surakarta sebagai salah satu universitas negeri terkemuka di Indonesia tentulah melakukan berbagai hal untuk memberikan dampak pada masyarakat sekitar. Perpustakaan UNS tentu saja tidak mau kalah untuk berkontribusi. Perpustakaan UNS sangatlah terbuka dengan masyarakat agar meningkatkan literasi mereka. SMA  Islam Diponegoro Surakarta juga memiliki misi yang sama untuk meningkatkan literasi setiap warga sekolah. Oleh karena itu, SMA Islam Diponegoro Surakarta menjalin hubungan yang erat dengan perpustakaan UNS ini.

Pada hari Selasa, 8 Maret 2023, SMA Islam Diponegoro Surakarta sebagai salah satu sekolah mitra perpustakaan UNS mendapatkan undangan untuk menghadiri workshop nasional mengenai public speaking dan master of ceremony II tahun 2023.  Kegiatan ini berlangsung di gedung Suharso Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta dan di mulai sekitar pukul 09.30 WIB. Acara ini dihadiri oleh kepala sekolah SMA Islam Diponegoro Surakarta, bapak Ahmadi, S.Pd dan ibu Fatimah, S.Pd.,M.M. selaku tim humas sekolah.

Acara diawali dengan penandatanganan MoU berbagai universitas dan sekolah mitra perpustakaan UNS yang di dampingi bapak Burhanudin Harahap, S.H.M.H.M.Si, Ph.d. selaku kepala perpustakaan UNS. Puluhan universitas dan sekolah mitra bergantian maju untuk menandatangani MoU tersebut. Bapak Ahmadi, S.Pd juga ikut maju dalam penandatanganan MoU ini.

Acara dilanjutkan dengan workshop nasional yang dimideratori oleh ibu Emy Indrawati, salah satu staff dari UPT perpustakaan UNS. Pembicara utama pada workshop kali ini adalah Farhan Arief. Beliau adalah seorang internasional public speaker, MC, Presenter, host, dan announcer terkemuka di Surakarta. Pengalaman mas Farhan, begitu ia biasa di sapa, sudah sangat mumpuni. Beliau pernah menjadi salah satu MC acara ASEAN Paragames 2022 di Palembang beberapa waktu lalu hingga menjadi salah satu MC pada pernikahan RI 1, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono beberapa waktu lalu. Beliau membagikan berbagai tips dan trik menjadi pembawa acara yang profesional dan memberikan contoh langsung dengan peserta seminar untuk maju dan mencontohkan langsung bagaimana cara menjadi pembawa acara yang baik. Beliau juga mengundang peserta lainnya untuk memberikan komentar dan masukan agar penampilan peserta di depan lebih sempurna lagi.

Di tengah acara, mas Farhan membuka sesi tanya jawab. Tak mau kalah, ibu Fatimah dari SMA Islam Diponegoro Surakarta tergelitik untuk bertanya tentang bagaimana membangun portofolio yang baik sebagai seorang pembawa acara.  Mas Farhan memberikan berbagai penjelsana dan mencontohkan dari pengalam yang beliau miliki agar portofolio kita baik dan menjadi nilai jual lebih bagi kita. Acara inti ini ditutup dengan pembagian goody bag untuk beberapa peserta yang telah aktif berpartisipasi. Acara dilanjutkan dengan pembagian hadiah bagi peserta yang mampu menjawab beberapa pertanyaan. Salah satu hadiah yang menarik adalah logam mulia. Ada pula yang mendapatkan payung  dan hadiah menarik lainnya. Acara berakir sekitar pukul 13.00 WIB dan ditutup dengan foto bersama.

Diharapkan dengan penandatanganan MoU perpustakaan UNS dengan sekolah mitra, termasuk SMA Islam Diponegoro Surakarta ini, dapat mengeratkan tali silaturahim dan memudahkan setiap warga sekolah untuk meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Explore More

MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH SMA ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA HARI KEDUA

0 Comments 0 tags

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) hari kedua dilaksanakan pada Selasa, 23 Juli 2024. Agenda MPLS kali ini sangat padat. Di pagi hari, ibu Astin Putri Setyowati, S.Pd, selaku ketua MPLS

KATA KATA SISWA SMA ISLAM DIPONEGORO

0 Comments 0 tags

BEBERAPA ALUMNI – ALUMNI SMA ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA Klik Link Berikut ini >> Data Alumni SMA Islam Diponegoro Surakarta <<< untuk melihat data alumni SMA Islam Diponegoro   “Bersama Kita